PTBA Cari Solusi, Pengusaha Depot Air Minum Isi Ulang Lega

"Kita disini duduk bersama untuk mencarikan solusi yang terbaik. PTBA bisa beroperasi dan masyarakat masih bisa memanfaatkan airnya," ujar Suhaedi.

SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Beberapa perwakilan pejabat PTBA bersama perwakilan pengusaha air minum isi ulang di Tanjungenim, melakukan pertemuan mencari solusi pemanfaatan air bersih Bukit Munggu, di kantor PTBA Tanjungenim, Senin (5/12). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Beberapa pengusaha Depot Air Minum Isi Ulang khususnya di wilayah Tanjungenim, akhirnya bisa bernafas lega.

Pasalnya PTBA (persero) Tbk, bersedia mengalirkan air bersih Bukit Munggu untuk memenuhi kebutuhan warga sebagai bahan baku Depot Air Minum isi ulang, di Kantor PTBA, Tanjungenim, Senin (5/11/2016).

Menurut GM UPTE PTBA, Suhedi di dampingi SM PAU Budi Lesmono didepan beberapa perwakilan pengusaha Air Minum Isi Ulang di Tanjungenim, bahwa pihaknya (PTBA), menginginkan hubungan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sesuai motto PTBA, apalagi untuk pemanfaatan air bersih Bukit Munggu tentu akan diperhatikan.

Mengenai adanya larangan, pihaknya kepada masyarakat ke lokasi tersebut, bukan karena tidak boleh memanfaatkan air di Bukit Munggu, tetapi karena kawasan tersebut merupakan area operasional penambangan.

Dan sesuai peraturan tambang itu dilarang, sebab jika sampai terjadi sesuatu dengan masyarakat yang melintasi dikawasan penambangan tersebut tentu PTBA juga yang akan di salahkan.

"Kita disini duduk bersama untuk mencarikan solusi yang terbaik. PTBA bisa beroperasi dan masyarakat masih bisa memanfaatkan airnya," ujar Suhaedi.

Dikatakan Suhaedi, untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan membangunkan saluran pipa air bersih dan bak penampungannya.

Untuk saat ini, pihaknya akan melakukan survei dahulu untuk mencari titik koordinat yang terbaik sehingga tidak menganggu operasional tambang PTBA dan masyarakat aman tidak melintas di area penambangan PTBA.

"Mudah-mudahan dalam bulan ini pipa air bersih berserta tempat penampungannya sudah bisa kita bangun dan sudah dapat di gunakan untuk di manfaatkan masyarakat," katanya.

Sementara itu menurut pengusaha depot air minum isi ulang Dori (31) sangat menyambut solusi yang ditawarkan oleh PTBA tersebut.

Dia berharap mudah-mudahan cepat terealisasi sehingga bisa secepatnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal senada juga dikatakan oleh Herry (30) pengusaha Depot Air Minum lainnya, bahwa pihaknya bersama pengusaha depot air minum lainnya sudah berpuluh-puluh tahun hidup dari memanfaatkan air bersih Bukit Munggu tersebut.

Dan jika tidak bisa lagi memanfaatkannya tentu puluhan depot air dan ribuan masyarakat akan terancam krisis air bersih. Karena selama ini, masyarakat terutama di Tanjungenim, sudah memanfaatkan air bersih Bukit Munggu dari dahulu.

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved