Ini Penyebab Asap Putih dari Knalpot

Pada kondisi normal, gas yang keluar dari knalpot mesin seharusnya tidak terlihat. Nah, kalau sampai terlihat asap putih atau hitam berarti indikasiny

Ini Penyebab Asap Putih dari Knalpot
Otomotifnet
Asap Knalpot. 

SRIPOKU.COM - Jakarta – Pada kondisi normal, gas yang keluar dari knalpot mesin seharusnya tidak terlihat. Nah, kalau sampai terlihat asap putih atau hitam berarti indikasinya terjadi kesalahan pada kerja mesin.

Berita Lainnya:  Awas Biaya Mahal, Jika Mobil Mengepul

Arifani Prabowo General Manager Product Development Kia Mobil Indonesia, menjelaskan, pada knalpot mesin bensin yang mengeluarkan asap putih tandanya pembakaran tidak sempurna. Indikasinya, campuran udara dan bahan bakar minyak (BBM) tidak seimbang, oktan tidak sesuai, atau ada campuran kimia misalnya oli masuk ke ruang bakar.

“Asap terjadi karena partikel yang tidak terbakar di ruang bakar,” kata Arifani, Senin (28/11/2016).

Asap berwarna hitam pada knalpot mesin bensin dikatakan jarang terjadi. “Tapi kalau putih kehitaman mungkin terjadi pada saat engine flush. Saat beroperasi normal, mesin bensin tidak berwarna hitam,” jelas Arifani.

“Kendaraan berbahan bakar bensin cenderung berwarna putih, karena bensin, oli, atau kimia tambahannya berwarna putih. Itu kebalikannya pada mesin diesel. Di mesin bensin seharusnya jarang terjadi asap di knalpot,” terang Arifani lagi.

Penulis : Febri Ardani Saragih

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved