Kuliner

Nasi Kucing Ala Angkringan Jogja di Sekayu Maknyus

Masyarakat Sekayu yang belum tahu angkringan Tole silahkan datang ke Jalan Kolonel Wahid Udin, tepatnya didepan kantor Camat Sekayu.

Nasi Kucing Ala Angkringan Jogja di Sekayu Maknyus
SRIPOKU.COM/FAJERI
Angkringan Tole yang terletak di Jalan Kolonel Wahid Udin Sekayu.

SRIPOKU.COM, SEKAYU--Masyarakat Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) saat ini memiliki tempat makanan unik, yakni memiliki ciri khas angkringan Jogja.

Ya, namanya Angkringan Tole, yang terletak di Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu, Muba merupakan angkringan khas joga satu-satunya di Bumi Serasan Sekate.

Angkringan Tole ini awalnya digagas oleh dua orang pemuda yang bekerja pada sebuah dinas di Pemkab Muba, yakni Gilang dan Agun.

Awal mulanya terciptanya angkringan tersebut untuk memenuhi rasa kangen masyrakat jawa akan ciri khas angkringan, dan membuat suasana tempat kumpul keluarga yang nyaman.

"Awal mulanya angkringan ini dibuat untuk mencipatakan iklim kuliner baru yang ada di Sekayu, disamping itu juga tujuan dibentuknya angkringan ini untuk memenuhi rasa kangen masyarakat jawa akan angkringan di kampung halaman," kata Gilang, ketika dibincangi.

Sedangkan filosofi pembentukan nama Tole sendiri, hanya otodidak untuk memudahkan orang mengingat nama angkringan.

"Pembentukan nama sendiri sangat mudah, agar pengunjung yang datang kesini dapat mudah mengingat nama tersebut," ungkapnya.

Mengenai makanan yang dijual pada angkringan tole sangat bervariasi dan beragam agar masyarakat tidak jenuh. Makanan tersebut antara lain sego kucing dengan harga Rp. 3.000 perporsi, ati empela Rp. 4.000, bakso Rp.2.000, sate kerang Rp.2.000, sate jeroan Rp.3.000, sate telor puyu Rp, 3.000, ceker ayam bakar Rp. 5.000 tiga buah, dan leher ayam Rp.2.500 persatuan.

"Untuk minuman terdiri dari susu jahe Rp.5000 pergelas, wedang uwuh Rp.8.000, black sweat Rp. 3.000, es teh dan masih banyak lagi," tuturnya.

Bagi masyarakat Sekayu, yang belum megetahui angkringan Tole silahkan datang langsung ke Jalan Kolonel Wahid Udin, tepatnya didepan kantor Camat Sekayu.

"Kami buka dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB, dan siap melayani dengan senyum," tutupnya. 

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved