Cara Alami, Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan

Kita semua tahu bagaimana rasanya ketika musim hujan datang. Ya, musim ini adalah musim ketika virus flu lebih mudah menyebar, sakit di sinus Anda, te

Cara Alami, Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Musim Hujan
TRIBUN SUMSEL
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Kita semua tahu bagaimana rasanya ketika musim hujan datang. Ya, musim ini adalah musim ketika virus flu lebih mudah menyebar, sakit di sinus Anda, tenggorokan seperti digelitik dan seluruh tubuh terasa pegal.

Berita Lainnya:  Sumsel Memasuki Puncak Musim Hujan, Warga Diminta Waspada

Yang perlu Anda lakukan saat menghadapi musim hujan adalah menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal dan caranya tidak perlu rumit.

"Jika Anda mengurus diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat, sistem kekebalan tubuh juga akan mengurus dirinya sendiri," kata Timothy Mainardi, MD, seorang ahli alergi dan imunologi di New York City.

Dan inilah pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan dengan mudah supaya Anda terhindar dari infeksi virus yang banyak bertebaran di musim hujan.

1. Makanan padat nutrisi
"Cara yang paling penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi normal adalah cara kuno yang mungkin kita tak terlalu suka yaitu diet dan olahraga," kata Dr Mainardi.

"Untuk itu, makanlah makanan yang bervariasi supaya kebutuhan gizi terpenuhi dan akan membuat Anda lebih sehat dalam jangka panjang."

Buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak akan membuat tubuh Anda lebih kebal terhadap kuman.

2. Berolahraga secara teratur
"Sudah terbukti bahwa orang-orang yang bergaya hidup aktif, lebih jarang menderita pilek atau penyakit menular lainnya," Dr. Mainardi.

Jika Anda malas berolahraga sendiri, ajaklah teman untuk latihan atau mencoba kelas kebugaran baru.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved