Breaking News:

Sirkuit Jakabaring Bakal Jadi yang Termurah

Langkah untuk membangun sirkuit bertaraf internasional di Indonesia untuk bisa mendatangkan ajang MotoGP, memasuki tahap baru. Jakabaring Palembang, s

Editor: Bedjo
http://otomotif.kompas.com/
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (kiri) berdiskusi dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan Chief Designer Herman Tilke Gmbh & Co, Ulrich Merres, tentang rencana pembangunan Sirkuit MotoGP di Palembang, di Sepang, Malaysia, Sabtu (29/10/2016). Dorna adalah penyelenggara MotoGP Sepang, sementara Tilke Gmbh & Co akan menggarap rancangan desain Sirkuit MotoGP di Palembang. (Pemprov Sumatera Selatan) 

SRIPOKU.COM , Sepang - Langkah untuk membangun sirkuit bertaraf internasional di Indonesia untuk bisa mendatangkan ajang MotoGP, memasuki tahap baru. Jakabaring Palembang, sebagai pilihan kedua setelah Sentul yang gagal, sudah rampung membuat desain srikuit, oleh engineer desain terkenal Herman Tilke.

Berita Lainnya:  Vio Berharap Moto GP Membawa Perubahan Positif

Alex Noerdin, Gubernur Sumatera Selatan dan Ketua Umum IMI Sadikin Aksa sudah bertemu langsung dan membahas masalah sirkuit kepada bos Dorna, Carmelo Ezpeleta, Sabtu (29/10/2016). Sadikin mengatakan, kalau sirkuit ini bakal jadi yang termurah versi Tilke.

"Perkiraan biayanya mencapai 30 juta euro atau tidak sampai Rp 500 miliar. Dana ini masih jauh lebih kecil daripada pembangunan stadion. Rencananya Herman Tilke membuat sirkuit paling murah di dunia tapi dengan spesifikasi setara event MotoGP," ujar Sadikin, Minggu (30/10/2016).

Tarik Investor
Alex melanjutkan, kalau proyek ini akan didadanai oleh investor dari pihak swasta. Dirinya mengatakan, akan sangat berat jika mengandalkan dana pemerintah pusat maupun daerah.

"Ini murni swasta, karena dana APBN saat ini sedang dalam kondisi yang sulit, lebih lagi APBD saat ini. Kami di Sematera Selatan punya banyak kemauan, tapi uang tidak ada. Hebatnya Jakabaring begitu, kami tidak gunakan dana rakyat sepenuhnya," ujar Alex.

Alex menambahkan, kalau investor yang sudah mendaftar saat ini sudah ada lebih dari dua. Bersama dengan tim proyek, proses penyeleksian investor akan dilakukan akhir tahun ini. Alex belum mau mengatakan siapa saja investornya.

"Investornya dari dalam dan luar negeri. Semua yang masuk merupakan investor yag berkualitas. Nanti kita adu mereka," ucap Alex.

Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved