Breaking News:

Ragamku

Dalam Seminggu, Ubah Kebiasaan Buruk Anak

Wajar saja bila sesekali anak Anda nakal dan bersikap kurang baik di tempat umum. Namun, ketika Anda telah mencapai titik putus asa dikelilingi anak-

Editor: Bedjo
http://female.kompas.com/
Anak Marah. 

SRIPOKU.COM , Wajar saja bila sesekali anak Anda nakal dan bersikap kurang baik di tempat umum.

Berita Lainnya: Anak Ketagihan Junk Food, Salahkan Orangtua

Namun, ketika Anda telah mencapai titik putus asa dikelilingi anak-anak yang bersikap keterlaluan dan mempermalukan, mungkin inilah saatnya mengubah strategi dan memperbaiki kebiasaan buruk mereka.

1. Jangan tunjukkan reaksi
“Kesalahan terumum yang dilakukan orangtua adalah merespon kebiasaan buruk anak, karena (bagi anak) perhatian negatif jauh lebih baik daripada tidak sama sekali,” tutur Ed Christophersen, PhD, psikolog anak dari Kansas.

Ketika anak uring-uringan di toko mainan, diam dan bersikaplah tenang tanpa memedulikannya. Kemungkinan besar dia akan menyadari bahwa taktiknya tidak berhasil dan anak akan kembali tenang.

2. Tetap optimis
Jangan marah ketika anak menggerutu karena suatu masalah. Sebagai gantinya, ajak anak untuk berpikir menyelesaikannya.

Robin H-C, pakar keluarga dan penulis Thinking Your Way Happy, mengatakan, bagaimana pun Anda melabeli anak, usahakan bahwa itu adalah sesuatu yang positif sehingga dia memiliki suatu tujuan.

3. Jadilah contoh
Anak-anak tumbuh melihat punggung orangtua. Oleh karena itu, hindari marah pada anak dan jadilah contoh untuk mengoreksi kebiasaan buruk anak.

“Jika anak Anda suka mengeluh dan mengomel, Anda harus menjadi contoh bagi mereka,” ucap Jayne Bellando, PhD, seorang psikolog anak dari Arkansas Children’s Hospital.

4. Akui perasaan anak saat dia melakukan kebiasaan buruknya
“Ada alasan mengapa anak Anda uring-uringan,” ungkap Gary M. Unruh, penulis Unleashing the Power of Parental Love.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved