Oknum Camat Jual Jabatan Pjs Kades Senilai Rp 7 juta

“Siapa saja boleh menjabat Pjs kades, asalkan membayar uang sejumlah Rp 7 juta,”

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG – Camat Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bernama Yasmi Amar diduga telah menjual jabatan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Desa Gading Raja (SP2) sebesar Rp 7 juta dan itu dibayar tunai.

Hal tersebut dibeberkan seorang warga Desa Gading Raja yang namanya minta dirahasiakan. Dikatkaannya, Yasmi meminta sejumlah uang jika ingin menjabat sebagai pejabat sementara (Pjs) di Desa Gading Raja (SP2) dan Desa Panca Warna.

“Siapa saja boleh menjabat Pjs kades, asalkan membayar uang sejumlah Rp 7 juta,” kata warga yang menirukan perkataan Camat Pedamatan Timur, Senin (19/9/2016).

Mendapat jawaban tersebut, warga langsung menolak dan akhirnya camat memutuskan Pjs kades dipegang oleh staf Kecamatan Pedamaran Timur, karena tidak ada seorang pun warga masyarakat yang mengajukan nama PNS di desa setempat.

Hal serupa yang terjadi di Desa Panca Warna Kecamatan Pedamaran Timur. Sekretaris desa yang hendak menjabat sebagai Pjs Kades dimintai uang sebesar Rp 7 juta.

“Sekdes mampu membayar uang besaran Rp 7 juta untuk memenuhi syarat dari kecamatan,” tutur warga yang meminta namanya tak disebutkan karena untuk keselamatan diri.

Menanggapi hal tersebut, Yasmi ketika dikonfirmasi wartawan menyangkal tudingan dari masyarakatnya. Menurut Yasmi, hal tersebut merupakan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hal tersebut tidak benar adanya, karena Pjs Kades itu pengajuannya dari Badan Pemusyawarahan Desa (BPD) terlebih dahulu, bukan saya yang langsung memutuskan,” kelit Yasmi.

Anggota DPRD OKI H Subhan Ismail menekankan, agar Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD segera mengecek kebenaran di lapangan untuk segera mengklarifikasi permasalahan yang ada.

“Untuk memastikan kebenaran informasi ini, pihak terkait harus segera turun ke lapangan. Kalau informasi ini benar, kami sangat menyayangkan dan pihak terkait harus segera menindak oknum camat yang tak berwibawa itu,” tegas Subhan.

Editor: Refly Permana

Penulis: Mat Bodok
Editor: wartawansripo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved