Mengandung 50.000 Bakteri, Sehelai Rambut yang Jatuh ke Makanan

Kelas kuliner terbatas dipenuhi dipenuhi ibu-ibu yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia Sumatera Utara (APJI Sumut). Sebagian dari

Mengandung 50.000 Bakteri, Sehelai Rambut yang Jatuh ke Makanan
indahmurahmudah.blogspot.com
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM , MEDAN - Kelas kuliner terbatas dipenuhi dipenuhi ibu-ibu yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia Sumatera Utara (APJI Sumut). Sebagian dari mereka membawa hasil produksinya untuk dinilai. Salah satu jurinya adalah Gun Gun Chandra Handayana, Senior Sous Chef (Application Chef) Unilever Food Solutions.

Berita Lainnya: Tak Sengaja Makan Rambut Tidak Merusak Pencernaan

Chef Gun Gun memulai sesi dengan materi tentang kebersihan dan keselamatan awak dapur, mulai dari makanan hingga peralatannya.

"Ibu-ibu pasti menganggap sepele kalau ada rambut jatuh di makanan, paling mengambilnya lalu membuangnya begitu saja, kemudian makanannya dimakan kembali. Padahal, dalam sehelai rambut yang jatuh itu mengantung 50.000 bakteri," ucap Gun Gun kepada para peserta yang hadir di Hotel Madani Medan, Selasa (30/8/2016).

Apa penyebab sehelai rambut begitu banyak mengandung bakteri? Serentak peserta menjawab kotoran rambut seperti ketombe dan kutu penyebabnya, belum lagi alasan debu dan polusi udara.

"Selain rambut, 80 persen kontaminasi makanan berasal dari tangan kita. Maka mencuci tanganlah dengan benar, jangan mentang-mentang sudah pakai sabun mencucinya dianggap sudah bersih. Satu lagi, serbet. Jangan menggunakan serbet untuk mengelap semua kebutuhan dapur," kata Gun Gun.

Selepas itu, chef ramah ini mendemonstrasikan sampling product dari Royco Ayam Kuning, Knorr Oyster Sauce, Royco Bumbu Rendang, Knorr Carbonara Sauce, Knorr Cheese Sauce Mixed dan Knorr Demiglace Sauce.

"Hanya butuh waktu lima menit untuk menghasilkan saus ala hotel bintang lima. Ibu-ibu tinggal pilih mau dipadukan dengan apa," ucap Gun Gun yang disambut peserta dengan icip-icip hasil racikan.

Samuel Tobing, Sales Representative Unilever Food Solutions Indonesia mengatakan, tujuan acara ini adalah ingin mengedukasi pelanggan. Kali ini pilihannya jatuh pada para pengusaha katering.

Ia memaparkan, para peserta diajarkan mulai food safety, basic kitchen training sampai food coasting. Selama ini, ketiga hal tersebut kurang diperhatikan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved