Ini Bahayanya, Konsumsi Makanan Kedaluwarsa

Anda berniat membuat masakan istimewa untuk keluarga, kemudian membuka kulkas dan menemukan masih ada keju dengan kemasan yang masih tertutup rapat. A

sampit.prokal.co
Kadaluwarsa. 

SRIPOKU.COM - Anda berniat membuat masakan istimewa untuk keluarga, kemudian membuka kulkas dan menemukan masih ada keju dengan kemasan yang masih tertutup rapat. Anda pun membuka dan mengendusnya untuk memeriksa kesegarannya. Tapi, mengendus aroma dan hanya melihat bentuknya bukanlah cara yang dianjurkan untuk memeriksa kesegaran makanan. Cara yang dianjurkan adalah dengan memeriksa label pada kemasan.

Berita Lainnya: Dinkes OI Temukan Makanan dan Minuman Kadaluarsa

Pada label kemasan makanan olahan, hukum mewajibkan produsen mencantumkan tanggal kedaluwarsa pada kemasan produknya.

Istilah "Tanggal Kedaluwarsa" mengacu pada tanggal terakhir makanan harus dimakan atau digunakan. Jika tidak, risiko Anda tanggung sendiri.

Pencantuman istilah yang lain adalah "Sell by" atau "Dijual oleh". Ini artinya, berapa lama toko boleh menampilkan produk untuk dijual. Pada dasarnya, ini adalah panduan untuk pengecer atau toko agar toko tahu kapan untuk menarik produk tersebut.

Paul VanLandingham, EdD, anggota staf pengajar senior di Center for Food and Beverage Management of Johnson & Wales University in Providence, R.I, mengatakan, bahwa istilah "Sell by" menunjukkan tanggal terakhir produk tersebut pada tingkat kualitas yang tertinggi, tapi masih digunakan beberapa waktu setelah tanggal tercantum.

Ada juga istilah "Best before" atau "Terbaik jika digunakan sebelum". Istilah ini mengacu pada waktu yang disarankan untuk mendapat rasa atau kualitas yang terbaik.

Efek kesehatan yang akan timbul dari memakan makanan yang sudah kedaluwarsa, beragam. Mulai dari tidak ada efek yang perlu dikhawatirkan, hingga keracunan makanan.

Itu semua tergantung pada jenis makanan yang Anda makan dan kapan Anda memakannya. Misalnya, makan wortel sehari setelah tanggal kedaluwarsa, biasanya tidak akan menimbulkan masalah kesehatan apapun.

Namun, makan sepotong produk berbahan dasar daging tiga minggu sesudah tanggal terbaiknya, bisa menyebabkan sakit perut dan mungkin keracunan makanan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved