Anda Sering Terbangun di Malam Hari dan di Waktu yang Sama ? Ini Alasannya

Beberapa orang bahkan kerap terbangun di malam hari dan di waktu yang sama.

Anda Sering Terbangun di Malam Hari dan di Waktu yang Sama ? Ini Alasannya
Google
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM -- Apakah anda kerap terbangun di malam hari saat sedang tertidur ? Beberapa hasil studi menyebutkan jika setidaknya 35% masyarakat di Amerika yang bangun di pagi hari, melaporkan jika kualitas tidur mereka buruk atau biasa-biasa saja. (informasi dari National Sleep Foundation, 2014).

Dikutip dari Shareably (12/8/2016), beberapa orang bahkan kerap terbangun di malam hari dan di waktu yang sama. Hal ini jelas menganggu waktu tidur yang direkomendasikan dokter, minimal 8 jam.

Berikut beberapa alasan yang kerpa dikatikan sebagai penyebab mengapa anda kerap terbangun di malam hari.

1. Stres

Ada beberapa alasan yang menyebabkan anda kesulitan untuk tidur, salah satunya adalah stres. Beberapa hasil studi menunjukkan jika seseorang berusaha untuk tidur saat ia memikirkan banyak hal di kepalanya atau mungkin tengah mengalami masalah kerap kali akan merasa kesulitan untuk tidur dengan tenang.

2. Kurang Bernafas

Ada dua penjelasan psikologis saat anda kerap terbangun ketika sedang tidur. Yang pertama adalah GERD, atau Gastroesophageal Reflux Disease, sebuah kondisi medis yang akan membangunkan anda karena asap di perut anda menimbulkan masalah pada sistem esophagus anda.

Yang kedua adalah adalah Sleep Apnea, sebuah gangguan tidur dimana anda akan berhenti bernafas selama beberapa periode waktu ketika anda sedang tertidur.

3. Rasa Sedih

Menurut Michael Perlis, seorang peneliti dari Universitas Pennsylvania, salah satu alasan besa rmengapa anda kerap terbangun saat sedang tidur erat kaitannya dengan rasa depresi. Jika anda kerap terbangun saat matahari pagi belum muncul, ada kemungkinan anda merasa sedih atau terpuruk.

4. Meminum Alkohol Terlalu Banyak

Menurut Timothy Roehrs dari Rumah Sakit Henry Ford yang berlokasi di Detroit, minuman beralkohol justru membuat anda tertidur lebih cepat. Namun saat tubuh mengolah kandungan alkohol pada malam harinya, yang biasa terjadi pada pukul 3 pagi, tidur anda dapat terganggu sehingga bisa membuat anda terbangun saat itu juga.

5. Bagian dari Hidup

Seiring bertambahnya usia, tubuh pun mulai mengalami penurunan dalam kualitas tidurnya. Hal ini menjadi awal penyebab kenapa seseorang mulai kerap terbangun di malam hari, seperti yang dituturkan Dr, Sandra Horowitz, instruktur klinis dari Sekolah Medis Harvard. (Sumber : Shareably / Grayson Riggan)

Penulis: Ahmad Sadam Husen
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved