Breaking News:

Lomba Gerak Jalan Ganggu Lalu Lintas

Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba gerak jalan selalu menuai kemacetan, meskipun peserta lomba sudah mengambil jalur paling pinggir.

Penulis: Siti Olisa | Editor: Tarso

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Ratusan siswa sekolah dasar (SD) sudah memenuhi lapangan Yayasan IBA sejak pukul 06.30 untuk mengikuti lomba gerak jalan yang digelar oleh Dinas Pedidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang.

Pukul 07.00, lomba dimulai dan semua tim mulai bergerak serentak menyusuri jalur yang sudah ditentukan.

Semua siswa tampak serius dan fokus dengan instruksi pemimpin barisan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba gerak jalan ini selalu menuai kemacetan, meskipun peserta lomba sudah mengambil jalur paling pinggir.

Seperti yang terlihat di kawasan dilalui siswa, mulai dari Jl Mayor Ruslan, Jl Merbau, Jl Veteran, M ISA, Jl Bangau dan kembali lagi ke IBA. Akibat banyaknya siswa di jalanan ini, membuat jalan yang dilintasi siswa sempat macet beberapa saat.

Sementara itu, lomba gerak jalan yang diikuti oleh SD merupakan hari kedua. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kota Palembang, sudah mengantongi nama para pemenang perlombaan di gerak jalan di seluruh pelajar. Pasalnya buat para pemenang nanti, akan diberikan hadiah pada saat pergelaran upacara kemerdekaan ke-71 di gedung halaman DPRD.

Kepala Bidang Olahraga Disdikpora Palembang, Azhari, mengatakan kegiatan lomba gerak jalan pelajar tahun 2016 diikuti sebanyak 8.115 peserta mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK kota Palembang, pergelaran dibagi selama 2 hari dari 10-11 Agustus.

"Kami sudah mengantongi nama pemenang, hasilnya akan kami umumkan menjelang upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI), tepatnya di halaman gedung DPRD," ujarnya.

Lomba gerak jalan diikuti sebanyak 8.115 seluruh pelajar, diantaranya tingkat SD sebanyak 248 regu, tingkat SMP putra sebanyak 79 regu, tingkat SMP putri sebanyak 79 regu, tingkat SMA/SMK putra sebanyak 77 regu dan tingkat SMA/SMK putri sebanyak 70 regu.

“Hari pertama pada tanggal 10 Agustus kemarin buat tingkat SMP Putra dan Tingkat SMA/SMK putra dan putri. Untuk hari kedua pada tanggal 11 Agustus 2016 tingkat SMP Putri dan tingkat SD.” jelasnya.

Setiap regu terdiri dari 15 orang, dimana untuk regu lomba gerak jalan tingkat SMP putra dan SMA Putri rute yang mereka lalui kurang lebih 6 km, dan untuk lomba gerak jalan tingkat SMA/SMK putra menempuh jarak kurang lebih 15 km.

"Khusus SD dan SMP putri, mereka tidak terlalu jauh seperti di SMP Putra dan SMA/SMK putra dan putri. Rute yang dilalui ialah kita start dari sekolah yayasan IBA, menuju arah ke jalan rambang, lalu berbelok lagi ke jalan bangau sekolah saverius lalu kembali lagi ke yayasan IBA. untuk penilain sendiri setiap juri - juri sudah tempatkan dilokasinya masing – masing," ujarnya.

Pihakny hanya akan memilih juara 1,2 dan 3. untuk juara pertama akan mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan. Kemudian untuk juara harapan 1,2, dan 3 hanya mendapatkan piala dan piagam saja. Selain itu kita juga memilih juara favorit.

"Untuk penilaian sendiri ada 4 kriteria, mulai dari juri start, juri keliling, juri pos dan juri kedatangan," ujarnya.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved