Mulai September, Eksplorasi Panas Bumi di Sukabumi

BUMD PT Jasa Sarana memastikan anak perusahaanya siap memulai eksplorasi panas bumi di Cisolok dan Cisukarame, Kabupaten Sukabumi pada September 2016

www.energibersama.com
Ilustrasi, Panas Bumi. 

SRIPOKU.COM , BANDUNG - BUMD PT Jasa Sarana memastikan anak perusahaanya siap memulai eksplorasi panas bumi di Cisolok dan Cisukarame, Kabupaten Sukabumi pada September 2016 ini.

Berita Lainnya: Panas Bumi Pagaralam Segera Diekploitasi

Direktur Utama PT Jasa Sarana, Soko Sandi Buwono mengatakan, proyek yang digarap PT Jabar Rekind Geothermal (JRG) tersebut bisa digelar usai hasil rig test yang dilakukan bersama mitra berhasil.

“Hari ini JRG melakukan rig test yang akan digunakan untuk mengebor di Cisolok. Alhamdulilah saya dapat laporan hasil tes berjalan lancar, reportnya bagus sesuai yang dijanjikan partner kami,” katanya di Bandung, Rabu (10/8/2016).

Dengan lancarnya tes tersebut, pihaknya menargetkan pengeboran akan dilakukan pada September 2016 mendatang. Soko berharap rencana ini tak meleset, karena awalnya JRG merencanakan akan mengebor di Cisolok akhir 2015 lalu.

“Kemarin itu karena rig-nya tidak sesuai dengan harapan kita jadi dievaluasi ulang dengan teknologi baru dari ITB,” paparnya.

Pemakaian rig akhir tahun lalu dinilai beresiko tinggi karena pengeboran dilakukan dari pinggir atau directional drilling. Dengan teknologi terbaru, pengeboran tidak perlu langsung ke sumbernya (straight hole).

“Ini risikonya ringan dan biayanya juga relatif lebih murah,” ujarnya. Soko menargetkan JRG akan melakukan pemboran 2 sumur dari 12 sumur yang direncanakan sesuai kontrak dengan ESDM.

Menurutnya 12 sumur di Cisolok dan Sukarame diharapkan menghasilkan listrik 45 MW. Meskipun potensi diperkirakan bisa mencapai 140 MW.

Dua sumur ini perkiraan sekitar 10-12 MW tapi tergantung hasil drillingnya nanti. Jasa Sarana sendiri sejak 2009 terus mengupayakan agar potensi panas bumi di Cisolok bisa digarap.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved