9 Agustus 2016, Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia Siap Layani Penumpang Domestik di Terminal 3

Adapun Terminal 3 juga diharapkan dapat membawa Bandara Internasional Soekarno-Hatta bersaing dengan bandara-bandara berkelas dunia lainnya.

9 Agustus 2016, Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia Siap Layani Penumpang Domestik di Terminal 3
DOK. GARUDA INDONESIA
Salah satu penumpang Garuda Indonesia tujuan Jakarta - Jayapura disaat melakukan proses check-in di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng Penerbangan dengan nomor GA 654 dengan tujuan Jakarta - Jayapura tersebut menjadi salah satu penerbangan pembuka layanan penerbangan domestik Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

SRIPOKU.COM, TANGERANG – PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai beroperasi pada 9 Agustus 2016 pukul 00.01 WIB. Terkait hal itu, maskapai nasional Garuda Indonesia akan mulai melayani penerbangan untuk seluruh rute domestik melalui terminal baru tersebut.

Hal ini sejalan dengan surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU.DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016, perihal Pengoperasian Terminal 3.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 dinyatakan dapat dioperasikan.

(Para penumpang Garuda Indonesia tujuan Jakarta - Ternate sesaat setelah melakukan proses check in di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada hari Selasa dini hari tadi (09/08). Penerbangan dengan nomor GA 648 dengan tujuan Jakarta - Ternate tersebut berangkat pada pukul 01.40 WIB dan menjadi salah satu penerbangan pembuka layanan penerbangan domestik Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, selain tujuan Jakarta - Jayapura.)

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi mengatakan, “Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenhub yang menyatakan Terminal 3 siap dioperasikan. Sejalan dengan hal tersebut, AP II menetapkan 9 Agustus sebagai tanggal dimulainya operasional perluasan Terminal 3. Pada tahap awal, maskapai yang akan menggunakan Terminal 3 hanya Garuda Indonesia.”

“Koordinasi secara berkelanjutan dengan seluruh pemangku kepentingan khususnya Garuda Indonesia dan Airnav Indonesia akan terus dilakukan untuk memastikan operasional Terminal 3 berjalan lancar. Kami optimistis dioperasikannya Terminal 3 ini mampu mendukung terminal eksisting dalam mengakomodir pergerakan penumpang sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” jelas Agus Haryadi.

VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar, mengatakan bahwa perpindahan memang dilaksanakan secara bertahap, diawali dengan rute domestik, namun ke depannya seluruh penerbangan Garuda – domestik dan internasional – dilayani melalui Terminal 3.

“Dengan perpindahan ini, Garuda berharap para pengguna jasa dapat menikmati peningkatan fasilitas dan standar pelayanan yang kami berikan melalui terminal baru berkapasitas 25 juta penumpang tersebut.” tambah Benny.

Dalam rangka persiapan perpindahan tersebut, Garuda Indonesia telah melaksanakan beberapa uji coba operasional (trial operation) yang melibatkan seluruh unit pelayanan penumpang di bandara, untuk memastikan semua aspek keselamatan dan keamanan penerbangan dan pelayanan penumpang berjalan sesuai standar prosedur yang ada.

Halaman
123
Editor: Ahmad Sadam Husen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved