Inspirasi

Siapa Sangka, Mayoritas Pengusaha di Indonesia adalah Wanita

Mungkin hal ini akan mengejutkan banyak orang. Kenyataannya, mayoritas pengusaha di Indonesia adalah wanita. Hal ini diungkapkan oleh data dari Bank

www.teropongbisnis.com
Ilustrasi, Pengusaha Wanita. 

SRIPOKU.COM - Mungkin hal ini akan mengejutkan banyak orang. Kenyataannya, mayoritas pengusaha di Indonesia adalah wanita.

Berita Lainnya: Palembang Ladies Club, Komunitas Wanita Karir

Hal ini diungkapkan oleh data dari Bank Pembangunan Asia dan diangkat kembali dalam acara Editors Roundtable yang diadakan di Restoran Seribu Rasa Menteng, Jakarta, Kamis (27/7/2016).

Tanpa kita sadari, wanita telah menjadi kontribusi besar dalam pembangunan ekonomi negara.

Nita Yudi, Ketua Umum Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menjelaskan lebih lanjut, “Dari 54,5 juta pengusaha yang ada di Indonesia, 49,9 jutanya adalah mikro dan kecil, dan 60 persen pemiliknya adalah perempuan.”

Lalu, dalam diskusi IWAPI di Bank Dunia, ditemukan juga bahwa wanita adalah pengembali kredit terbaik. Bahkan, di Indonesia pun, rata-rata wanita mempunyai Non-Performing Loan hampir nol.

Wanita juga bekerja di semua sektor usaha, mulai dari mode, kecantikan, perhiasaan hingga sektor-sektor yang biasanya identik dengan pria.

“Di IWAPI, mulai dari sektor kuliner katering kecil-kecilan di rumah sampai supplier senjata terbesar itu ada. Termasuk juga dua kosmetik tradisional terbesar di Indonesia, yaitu Martha Tilaar dan Mustika Ratu,” ungkap Nita.

Dia melanjutkan, “kemudian ada kontraktor untuk jalan, bangunan, dan ada juga yang bermain pertambangan seperti batu bara dan kereta api. Itu ada semuanya.”

Mungkin 60 persen ini sudah terdengar bagus, tetapi Nita mengingatkan Anda untuk tidak berpuas hati terlebih dahulu. Sebab, masih ada target lebih tinggi yang harus dicapai.

“Kalau bisa malah 50-50, iya kan? 50-50 di level yg tinggi. Kalau ini kan masih yang mikro dan kecil. Oleh karena itu, di level menengah juga kalau bisa 50-50, dan di level yg lebih tinggi juga 50-50. Karena di level yg lebih tinggi perempuannya hanya sedikit,” pungkasnya.

Penulis : Shierine Wangsa Wibawa

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved