Breaking News:

Psikologi

Bersyukur Bisa Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Dengan bersyukur bisa mengatasi rasa percaya diri dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan.

ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM – Terkadang, wanita merasa tidak percaya diri dengan kulitnya sendiri. Tak ayal itu pun membuat mereka merasa tidak nyaman dalam beraktivitas.

Sebenarnya, untuk bisa percaya diri dengan kulit sendiri, Anda tentu bisa mengatasinya dengan cara menghilangkan pemikiran negatif tentang diri Anda.

“Semuanya bermula dari diri sendiri saat melihat kekuatan dan kelemahan diri, dan terlalu banyak berpikir,” kata psikolog klinis, Christina G. Hibbert.

Untuk itu, untuk menemukan rasa percaya diri dan kenyamanan pada kulit Anda, bisa lakukan beberapa hal berikut:

1. Membangun harga diri dan sadar diri
Menurut Hibbert, satu-satunya cara untuk membuat nyaman dengan diri sendiri adalah membangun diri dengan usaha yang lebih dari sekedari trik. Anda bisa mengatakan mencintai diri sendiri walaupun itu belum bisa dirasakan.

Dari sini pun Anda harus sadar diri dengan melihat keadaan diri sendiri, menyadari siapa diri Anda sebenarnya. Cari informasi tentang kelemahan dan kekuatan Anda.

2. Terima kelemahan Anda
Saat Anda belajar untuk sadar diri, coba terima semua tentang karakteristik diri Anda, yang baik atau pun buruk. Menerima kelemahan diri adalah hal yang terberat, tapi jika Anda bisa melakukannya, Anda akan bisa merasa nyaman dengan kulit yang dimiliki.

3. Usahakan berada dekat orang-orang yang positif
Memang tidak ada orang yang sempurna di dunia ini, tapi usahakan berada dengan orang-orang yang positif sehingga Anda merasa nyaman dan bisa membantu optimalkan rasa percaya diri Anda.

4. Hiraukan apa yang dibicarakan orang lain tentang Anda
Sebaiknya tidak usah mendengarkan pendapat orang lain tentang diri Anda. Semakin Anda mendengarkan mereka, bisa jadi malah semakin stres. Jadilah diri sendiri dan orang-orang yang tepat akan tertarik dengan Anda dengan alasan yang tepat juga.

5. Bersyukur
Jangan lupa, Anda juga harus selalu bersyukur dengan apa yang sudah Anda miliki, ingat semua yang indah. Sebab, dengan bersyukur bisa mengatasi rasa percaya diri dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan, serta menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri. (Penulis: Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja, Sumber: bustle.com)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved