Pengenalan Sekolah Tidak Melibatkan Siswa Senior

Pengenalan lingkungan sekolah ini langsung dilakukan oleh guru selama kegiatan berlangsung.

Pengenalan Sekolah Tidak Melibatkan Siswa Senior
SRIPOKU.COM/SITI OLISA
Suasana pendaftaran ulang di SMPN 3 Palembang di Jl Ariodillah Palembang 

PALEMBANG, SRIPO -- Untuk menghindari perpeloncoan yang biasa dialami oleh siswa baru, SMP Negeri 3 Palembang di Jl Ariodillah tidak melibatkan siswa senior dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah (PLS). Pengenalan lingkungan sekolah ini langsung dilakukan oleh guru selama kegiatan berlangsung.

Kepala SMPN 3 Palembang, Ansori, Selasa (12/7) mengatakan, Bentuk kegiatan selama pengenalan sekolah lebih mengarah kepada pendidikan karakter, melalui berbagai kegiatan perlombaan. "Kami dari pihak sekolah sangat mendukung kegiatan PLS ini, karena tidak ada aktivitas berlebihan. Sesuai dengan instruksi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yang disampaikan kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kota Palembang bahwa tidak ada lagi yang namanya Masa Orientasi Siswa (MOS) tetapi diganti dengan PLS," ujarnya.

Adapun bentuk perlombaan yang akan dilaksanakan adalah lomba menyanyikan lagu kebangsaan, lomba pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan berbagai perlombaan mendidik lainnya. "Besok hari terakhir daftar ulang dan akan dilakukan pembagian kelas untuk pelaksanaan PLS pada Senin mendatang," ujarnya.

Ansori mengatakan, kegiatan ini akan dibuka oleh Walikota Palembang Harnojoyo pada 18 Juli mendatang secara serentak di SMKN 2 Palembang. "Untuk pakaian siswa baru masih menggunakan seragam SD masing-masing agar lebih mudah membedakan dengan siswa lainnya," ujarnya.

Ansori menambahkan, siswa baru di SMPN 3 Palembang berjumlah 365 siswa. "Berdasarkan evaluasi tahun lalu, hampir seluruh anak dan orang tua murid sudah melakukan daftar ulang. Jadi tidak ada siswa yang tidak daftar ulang (mengundurkan diri), apabila ada yang tidak daftar ulang, tentu kita akan menerima sesuai kuota yang sudah ada," ujarnya.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Ahmad Sadam Husen
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved