Idul Fitri 1437 H

Kendaraan Arus Balik Mulai Ramaikan Jalinsum Lahat

Eduar (45) salah satu pemudik mengungkapkan sengaja langsung kembali ke Jakarta H+1 lebaran.

SRIPOKU.COM, LAHAT - Ratusan kendaraan arus balik mudik lebaran 1437 hijriah yang berasal dari luar Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mulai lalu lalang melintasi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah Merapi Area, Kabupaten Lahat, Kamis (7/7/2016).

Pantauan di lapangan kebanyakan kendaraan yang melintas merupakan kendaraan pribadi plat Jakarta.

Eduar (45) salah satu pemudik mengungkapkan sengaja langsung kembali ke Jakarta H+1 lebaran.

Menurutnya selain menghindari kemacetan saat memasuki wilayah Jakarta dan saat akan menyebrang dari Pelabuhan Bakauheni dan Merak ia sudah harus kembali bekerja pada hari Senin (11/7/2016).

"Kita sengaja kembali lebih awal. Takutnya macet," ungkapnya dibincangi saat melintas di jalinsum Desa Ular Lebar, Lahat.

Kapolres Lahat, AKBP Rantau Isnur Eka SIK melalui Kasat Lantas AKP Dani Prasetya, SIK mengungkapkan adanya peningkatan volume kendaraan di H+1 lebaran.

Menurutnya kendaraan tersebut merupakan kendaraan pemudik yang datang dari beberapa daerah seperti Sumatera Barat, Bengkulu termasuk juga dari berbagai kota di Sumsel.

Kendati demikian Dani menuturkan puncak arus mudik di Jalinsum akan terjadi di H+5 lebaran.

"Hari ini kendaraan arus balik mulai ramai. Diprediksi hingga H+5 jumlah kendaraan akan terus meningkat," ujarnya.

Kendati demikian Dani memastikan kondisi jalur lalulintas di wilayah Kabupaten Lahat yang dilintasi pemudik berjalan lancar.

Tidak ada kemacetan atau kepadatan kendaraan. Di sisi lain, jalur yang akan dilintasi aman tidak ada kejadian seperti bencana alam longsor.

"Di sepanjang jalur juga terdapat posko yang diajaga pihak kepolisian dan pemkab Lahat yang juga bisa dijadikan pemudik sebagai lokasi istirahan dan meminta informasi," tuturnya.

Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva'I SE tetap mengimbau agar para pemudik berhati-hati selama menempuh perjalanan kendati jalur yang dilintasi aman.

Dia juga meminta kepada SKPD terkait agar terus memantau termasuk camat hingga kepala desa.

Aswari berharap semua pihak bisa memberikan informasi cepat baik kepada pemudik maupun jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved