Healthy Life

Banyak Hidangan Lebaran yang Lezat? Awas, Jangan Kalap!

semua makanan tersebut jika disantap berlebihan,punya risiko yang membahayakan kesehatan.

Banyak Hidangan Lebaran yang Lezat? Awas, Jangan Kalap!
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM -- Lebaran banyak makanan apapun yang disajikan. Siapa yang tak tergoda ketika melihat berbagai hidangan masakan lezat yang bersantan khas Lebaran seperti opor, gulai, dan rendang. Apalagi cemilan-cemilan yang berjajar di atas meja seolah menantang.

Namun menurut Dr Zulkhair Ali SpPD KGH, dari RS Muhamad Hosein Palembang, orang harus hati-hati, jangan makan berlebihan.

“Makanan yang mengandung kuning telur, kemudian makanan yang berasal dari hewan itu pasti mengandung kolesterol. Apalagi makanan dari santan yang berulang kali dipanaskan," ungkapnya.

Ia mengatakan, semua makanan tersebut jika disantap berlebihan,punya risiko yang membahayakan kesehatan untuk tubuh manusia. Salah satunya adalah bahaya kegemukan dan juga penyakit lainnya.

“Kalau makannya berlebihan saat Lebaran dengan begitu banyaknya sajian makanan, otomatis pasti mempengaruhi berat badannya," katanya.

Lanjut dr Zulkhair, kenaikan berat badan ini akan menyebabkan rentetan risiko kesehatan lain yang mungkin dialami.

Berat badan yang naik ini akan memengaruhi metabolisme tubuh. “Risiko penyakit pun menyerang. Obesitas mempengaruhi metabolisme tubuh seperti kenaikan kolesterol, pembuluh darah, kencing manis, penyakit jantung itu akan terjadi jika berat badan terus bertambah," bebernya.

Namun, bukan berarti kita tidak boleh sama sekali menyantap hidangan Lebaran. Solusinya memang harus kendalikan diri. Jadi kalau memang jamnya makan ya makanlah, tetapi saat di luar jam makan itu yang kita harus lebih berhati-hat.

“Ada jeda waktu, itulah saatnya kita memilih jenis makanan yang berserat tinggi seperti buah atau sayur," tutupnya.

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved