Snapchat Curi Ide Penata Rias?

Seorang penata rias asal Rusia, Alexander Khokhlov, mengklaim bahwa filter pada aplikasi tersebut telah mencontek karya yang dia ciptakan.

Snapchat Curi Ide Penata Rias?
ISTIMEWA
Filter Snapchat yang dikatakan meniru karya Mykie. 

SRIPOKU.COM – Kini, banyak wanita atau anak muda yang senang menggunakan berbagai filter dari aplikasi Snapchat. Memang benar, aplikasi ini menyediakan filter yang beragam.

Seperti halnya wajah menangis dengan tetesan air mata bewarna-warni, atau filter dengan wajah anjing dan lidah yang menjulur.

Namun, karena beberapa filter tersebut, Snapchat jadi berada dalam posisi yang kurang bagus dan berpotensi serius.

Pada bulan Mei lalu, seorang penata rias asal Rusia, Alexander Khokhlov, mengklaim bahwa filter pada aplikasi tersebut telah mencontek karya yang dia ciptakan untuk sampul The Scientific Mind edisi Juli-Agustus 2014.

Seperti yang dilaporkan oleh Buzzfeed, kicauan di Twitter juga mengatakan bahwa filter tersebut memiliki desain geometris dan pola warna yang identik dengan karya Khokhlov .

Snapchat pun dengan cepat menanggapi bahwa mereka setuju filter tersebut mirip dengan kreasi Khokhlov. Mereka pun meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Akan tetapi, Snapchat melakukannya lagi dengan filter yang baru saja mereka rilis. Penata rias bernama Argena Peede dan Mykie, menyatakan kemarahan mereka setelah menemukan filter dalam aplikasi tersebut yang mirip dengan karyanya.

Menanggapi tuduhan ini, pihak Snapchat dengan segera mengatakan bahwa proses kreatif terkadang melibatkan inspirasi, tapi tidak selalu menyalin.

Kemudian, mereka pun menyatakan bahwa tindakan serius akan diambil secara internal bila memang terbukti telah menyalin karya orang lain. (Editor: Yuliani)

Editor: wartawansripo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved