Gubernur Sumsel: Tim Kesehatan Sumsel Awasi Vaksi Palsu

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH memastikan tim kesehatan mengawasi dan menindak distribusi vaksin palsu yang marak akhir-akhir ini.

Gubernur Sumsel: Tim Kesehatan Sumsel Awasi Vaksi Palsu
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Kadinkes Sumsel Dra Lesty Nuraini Apt 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH memastikan tim kesehatan mengawasi dan menindak distribusi vaksin palsu yang marak akhir-akhir ini.

"Vaksin palsu.Barangkali, tapi aku mau cek dulu. Iya tenang-tenang aja saat ini berarti aman-aman aja. pengawasan khusus dan ambil tindakan pasti kita lakukan. Apakah sudah nyebar dan sebagainya. Nanti akan dicari tau dulu," tegas Alex, Rabu (29/6/2016).

Setelah membongkar dan menangkap produsen vaksin palsu di Pondok Aren Tangerang Selatan, Banten, Selasa (21/6/2016), polisi mulai menyisir peredarannya di daerah.

Selain di Banten, hingga kemarin, polisi sudah berhasil menemukan vaksin campak, polio, dan hepatitis B, tetanus, dan BCG (Bacille Calmette-Guerin) palsu itu beredar di lima daerah lainnya.

"Peredarannya di Medan (Sumut), Yogyakarta, Semarang (Jateng), Jakarta, dan Jawa Barat," ujar Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Mabes Polri Brigjen Agung Setya.

Polisi, kata Agung, akan terus menelusuri peredaran vaksin palsu itu di daerah lainnya.

Terkuaknya pembuatan vaksin palsu ini berawal dari penangkapan di apotek Aris di Kramat Jati, Jakarta Timur. Polisi menangkap MF, pemilik apotek dan TH seorang kurir.

Dari keterangan mereka ini kemudian polisi menangkap AP, produsen pembuat vaksin palsu beserta L, istrinya. Kurir berinisial S yang berperan mengantar vaksin ke sejumlah apotek juga turut ditangkap.

Berdasarkan pengakuan AP, proses pembuatan vaksin bayi palsu tersebut dimulai dari pengumpulan botol bekas vaksin yang diisi dengan larutan yang dibuat sendiri oleh AP.

Dari pengakuan produsen ini kemudian polisi menggerebek lokasi pembuatan vaksin di kawasan Puri Bintaro Hijau Pondok Aren, Tangerang. Dari situ kemudian polisi menggerebek komplotan pemalsu vaksin di sebuah pabrik di Pondok Aren Tangerang Selatan, Banten, Selasa (21/6/2016).

Halaman
12
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved