Yogurt, Mungkin Bermanfaat Menangkal Kanker Payudara

Riset baru menemukan jenis bakteri baik yang ada di usus dan dikonsumsi lewat makanan ternyata bermanfaat untuk melawan kanker payudara. Dalam riset

Yogurt, Mungkin Bermanfaat Menangkal Kanker Payudara
TABLOIDNOVA.COM
Puding Yogurt Biskuit 

SRIPOKU.COM - Riset baru menemukan jenis bakteri baik yang ada di usus dan dikonsumsi lewat makanan ternyata bermanfaat untuk melawan kanker payudara.

Berita Lainnya: Yogurt, Pilihan Baik untuk Berbuka dan Sahur

Dalam riset tersebut peneliti menganalisa bakteri yang ditemukan dalam payudara 58 wanita yang memiliki benjolan (45 wanita menderita kanker payudara dan 13 memiliki benjolan jinak). Peneliti membandingkan bakteri itu dengan 23 wanita yang tak memiliki benjolan dalam payudaranya.

Ditemukan perbedaan jenis bakteri dalam jaringan payudara sehat dibandingkan jaringan dengan kanker. Wanita penderita kanker memiliki jumlah bakteri Escherichia coli (E. coli)dan Staphylococcus epidermidis (Staph) lebih banyak.

Sedangkan wanita sehat memiliki banyak koloni bakteri Lactobacillus (jenis bakteri yang ditemukan dalam yogurt) dan Streptococcus thermophilus (bukan jenis Streptococcs penyebab penyakit infeksi tenggorokan dan kulit). Hal ini masuk akal mengingat bakteri E. coli dan Staph dikenal merusak DNA.

Lantas apakah ini berarti kanker payudara disebabkan oleh infeksi bakteri? Tidak begitu, kata peneliti Gregor Reid. Tetapi bakteri itu tampaknya berperan.

Reid mengatakan awalnya ia memutuskan melakukan studi microbiome dalam payudara setelah riset sebelumnya menemukan air susu ibu mengandung beragam jenis bakteri sehat. Menyusui bayi sudah diketahui menurunkan kejadian kanker payudara.

Dibutuhkan lebih banyak riset lagi sebelum dokter dapat memberikan rekomendasi untuk pasiennya. Kita belum bisa bilang makan yogurt dan pangan sumber probiotik berarti menurunkan risiko kanker payudara. Kendati demikian, tak ada salahnya makan yogurt yang lezat itu dicampur dengan potongan buah segar.

Penulis : Kontributor Health, Dhorothea
Sumber : SHAPE.com

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved