Koramil Peninjauan Bangun WC Umum dari Desa ke Desa

Pembangunan WC secara cuma cuma ini dikomandoi oleh Danramil Peninjauan Kapten Arm Sapri.

Penulis: Leni Juwita | Editor: Soegeng Haryadi
SRIPOKU.COM/LENI JUWITA
TNI dan masyarakat bergotong royong membangun WC umum di Desa Saungnaga Kecamatan Peninjauan Kabupaten OKU. 

SRIPOKU.COM, BATURAJA -- Kodim 0403/OKU melalui anggota Koramil 403-02/Peninjauan membangun WC umum dari desa ke desa diwilayah Teritorial Kecamatan Peninjauan.

Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Inf Mohammad Sjahroni SE didampingi Danramil Peninjauan Kapten Arm Sapri kepada Sripoku.com, Sabtu (18/6/2016) menjelaskan, WC berukuran 2X2 meter ini dibangun di Desa Margabhakti Batumarta Unit XI Kecamatan Sinar Peninajauan, Saungnaga Kecamatan Peninjauan, serta Desa Bunglai Kecamatan Kerdaton Peninjaun Raya.

Pembangunan WC secara cuma cuma ini dikomandoi oleh Danramil Peninjauan Kapten Arm Sapri.

Dikesempatan itu Dandim melalui Danramil Peninjauan menjelaskan, program jambanisasi ini akan terus dilaksanakan sesuai dengan perintah satuan atas. TNI memotivasi masyarakat untuk membudayakan hidup bersih untuk menjaga lingkungan dan menghindari penyakit menular. Sebab kotoran yang dibuang bukan pada tempatnya sangat rawan m terhadap penyakit menular.

Setelah masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi maka mulai berfikir bahwa jamban keluarga sudah menjadi kebutuhan. Sehingga ke depan diharapkan semua rumah tangga memilki jamban sendiri-sendiri.

Lebih jauh Danramil Peninjauan menjelaskan, dua bulan lalu Koramil Peninjauan menjadi karya bhakti membangun WC umum di desa-desa yang dilakukan secara bersama-sama ini bertujuan menghidupkan kembali budaya gotong royong.

Hal itu menghemat biaya karena beberapa material seperti batu, pasir bisa diambil secara cuma-cuma dari wilayah masih masing-masing. Apalagi saat kerja bakti membuat WC langsung diikuti juga oleh para kepala desa masing-masing.

Untuk Desa Saunaga diikuti Kadesnya Anda Royani AMK, Kades Bunglai Alexander serta Kades Margabhakti Batumarta Unit XI , Jamal.

Pantauan di lapangan, pekerjaan membuat jamban keluarga yang dilakukan secara gotong royong ini menunjukan tingginya semangat kebersamaan. Kemanunggalan TNI dan rakyat begitu kuat, semua pekerjaan dilakukan secara bergsama-sama dan sangat kompak.

Kepala Desa Saungnaga Anda Royani AMK, yang ditemui dilokasi pembangun jamban umum mengatakan warga desa sangat bersyukur. “Terima kasih sekali bapak-bapak TNI ini sudah mau membangun WC umum di kampung ini,” terang Jamal seraya menambahkan pembangunan jamban desa ini akan dimanfaatkan dan dijaga dengan baik.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved