Kultum Ramadan

Ramadan Bulan Berkah

ALHAMDULILLAH, begitu terlintas dalam hati saya ketika bulan Ramadan sudah di depan mata. Tidak terasa, bulan yang penuh berkah ini datang kembali. Se

Ramadan Bulan Berkah
palembang.tribunnews.com
Prof Drs M Sirozi PhD. 

Oleh: Prof Drs M Sirozi PhD
Rektor UIN Raden Fatah Palembang

ALHAMDULILLAH, begitu terlintas dalam hati saya ketika bulan Ramadan sudah di depan mata. Tidak terasa, bulan yang penuh berkah ini datang kembali. Seperti tahun kemarin, semua umat Islam menyambutnya dengan suka cita. Berbagai persiapan sudah mereka lakukan untuk menyambutnya. Saya yakin, Ramadan kali ini pasti akan membawa berkah yang luar biasa kepada kita.

Keberkahan bulan Ramadan memang terlihat justru sebelum kedatangannya. Nabi Muhammad pernah mengatakan bahwa "Siapa yang bergembira dengan masuknya bulan Ramadan, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang pernah ia lakukan". Saya yakin bahwa hadis yang mengisyaratkan bahwa orang yang gembira dan bahagia dengan bulan ini pasti akan Allah ampuni dosanya. Apalagi mereka yang betul-betul mengisinya dengan ibadah dan takwa; pasti akan Allah berikan keberkahan-Nya.

Tapi bagaimana cara kita mendapatkan berkah itu? Pertanyaan inilah yang menurut saya penting untuk kita jelaskan. Sebab, terkadang kita ingin dapat berkah, tetapi tidak tahu caranya. Malah, ada saja orang yang ingin berkah, tapi tidak mau berusaha.

Ringkasnya, menurut saya, berkah puasa itu harus kita cari, bukan diberi begitu saja. Apalagi di bulan Ramadan ini, berkah dari Allah pasti ada jika kita berusaha.

Ada banyak hadis tentang berkah Ramadan ini. Misal, hadis yang mengatakan bahwa amal ibadah di bulan Ramadan akan dilipatgandakan; pintu surga selalu terbuka dan pintu neraka tertutup; atau janji dihapusnya dosa bagi mereka yang bahagia karena datangnya Ramadan. Hadis-hadis seperti itu pasti menunjukkan keberkahan yang tidak dimiliki oleh bulan lain.

Kiat Mendapatkan Berkah
Menurut saya, ada beberapa cara agar kita mendapatkan berkah bulan Ramadan. Pertama, ketika Allah memanggil orang-orang beriman untuk menjalankan kewajiban berpuasa, maka berkah Ramadan hanya bisa didapat oleh mereka yang masih dan selalu beriman kepada Allah. Beriman artinya memandang segala hal karena Allah.

Kita bisa berpuasa dan beramal itu karena Allah. Kita punya harta dan kedudukan, juga karena Allah. Orang yang akan mendapatkan berkah Ramadan adalah mereka yang selalu yakin bahwa ada rahmat dan kuasa Allah dalam segala aspek hidupnya.

Kedua, kewajiban puasa yang harus kita jalankan merupakan syariat dan ketentuan Allah. Ketika kita patuh kepada Allah berarti sebenarnya saat itu kita tidak sedang berlaku sombong. Ketika kita menahan lapar dan haus, juga berarti saat itu kita tidak sedang mementingkan diri kita sendiri. Berkah Ramadan hanya bisa diperoleh jika kita memiliki sikap yang patuh dan hati yang peduli kepada sesama.

Jadi benarlah ketika ada seorang ulama yang menyayangkan kalau kita tidak mau mengambil kesempatan ini, "Bagaimana mungkin, kata ulama tadi, orang yang beriman tidak gembira dengan dibukanya pintu-pintu surga? Bagaimana mungkin orang yang pernah berbuat dosa dan ingin bertobat serta kembali kepada Allah tidak gembira dengan ditutupnya pintu-pintu neraka? Dan bagaimana mungkin orang yang berakal tidak gembira ketika para setan dibelenggu?".

Pada ringkasnya, berkah Ramadan pasti akan kita dapatkan sepanjang iman dan takwa betul-betul terealisasi dalam puasa kita. Kita berpuasa, saat yang sama kita juga harus memperkuat iman kita. Kita berpuasa, juga saat itu harus ada kepedulian dalam puasa kita. Itulah yang bisa membuat kita mendapat berkah Ramadan.

Sebagai penutup, saya teringat ada satu buku yang sangat bagus. Judulnya adalah "al-Barokah fi fadhli al-Sa'yi wa al-Harakah". Inti buku itu menganjurkan kita untuk terus berusaha dan beraktivitas jika ingin dapat berkah. Jadi, kalau kita diam saja apalagi karena alasan puasa, maka berkah Ramadan tidak akan bisa kita dapatkan.(*)

Editor: Bedjo
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved