Mukti Sulaiman Ajak Masyarakat Gairahkan Kembali Kepramukaan

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman, mengajak seluruh elemen menghidupkan dan mengairahkan kembali kegiatan kepanduan Kepramukaan.

Penulis: Ardani Zuhri | Editor: Soegeng Haryadi
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Kamabicab Pramuka Muaraenim Muzakir Sai Sohar melantik pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muaraenim masa bakti 2016-2021 di Hotel Grand Zuri Muaraenim, Kamis (2/6/2016). 

SRIPOKU.COM, MUARAENIM -- Akibat semakin berkurangnya rasa kecintaan terhadap nusa dan bangsa serta moral di generasi muda yang kian tergerus, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel H Mukti Sulaiman, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menghidupkan dan mengairahkan kembali kegiatan kepanduan Kepramukaan di sekolah-sekolah.

"Ini memang tugas berat, namun jika dilakukan bersama-sama tentu tidak akan terasa berat. Kita kembalikan kejayaan Kepramukaan seperti dulu," ujar Mukti Sulaiman yang juga menjabat sebagai Sekda Sumsel ini, disela-sela kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Majelis Pembimbing Cabang dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muaraenim masa bakti 2016-2021 di Hotel Grand Zuri Muaraenim, Kamis (2/6/2016).

Menurutnya, keberadaan gerakan Pramuka ini, sesuai dengan amanat UU. Maka Pramuka berhak mendapat dana dari pemerintah. Pramuka tidak perlu mendaftarkan ke Kesbang, sebab sama seperti PKK dan organisasi lainnya.

Didalam Satuan Karya Pramuka cukup banyak, salah satunya adalah bela negara. Disini, peranan TNI sangat besar, di dalam menempa para generasi muda sehingga lebih cinta terhadap tanah air, mengantisipasi degradasi moral seperti narkoba, pornografi dan lain-lain. Sebab ada ruang kosong pada anak-anak, untuk itu harus diisi dengan kegiatan positif yang salah satunya adalah gerakan Pramuka.

Sementara itu Kamabicab gerakan Pramuka Kabupaten Muaraenim H Muzakir Sai Sohar, mengatakan, gerakan pramuka adalah pendidikan nonformal, dan mempunyai sejarah dengan bangsa Indonesia di masa lalu. Sebab dahulu Pramuka adalah untuk membentuk budi pekerti dan moral para generasi muda, sehingga bisa menjaga keutuhan bangsa.

Ia menyebutkan, kalau dahulu para generasi muda banyak tertarik untuk ikut Pramuka, namun saat ini para generasi mulai bergeser dan malah tertarik dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat yang tidak sesuai dengan norma-norma agama dan bangsa.

"Untuk itu, kita wajib bersama-sama mengembalikan kejayaan gerakan Pramuka dimasa lampau kembali diminati oleh para generasi muda. Dan itu tentu perlu kerja keras dan kerja ikhlas, Insyallah gerakan Pramuka lebih baik dan sukses serta berjaya. Mudah-mudahan dengan momentum pelantikan Mabicab dan Kwarcab Kabupaten Muaraenim, akan memberikan motivasi kepada pengurus untuk mengembalikan kejayaan gerakan Pramuka," ujar Muzakir.

Sumber: Sriwijaya Post
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved