Setahun Google Kumpulkan Foto Selfie Sebanyak 24 Miliar

Tepat setahun lalu, Google meluncurkan layanan bertajuk "Google Photos". Fungsinya sebagai wadah penyimpanan konten visual (foto dan video) pengguna,

www.businessinsider.com
Google Photos. 

SRIPOKU.COM - Tepat setahun lalu, Google meluncurkan layanan bertajuk "Google Photos". Fungsinya sebagai wadah penyimpanan konten visual (foto dan video) pengguna, yang berbasis cloud.

Berita Lainnya: Foto Selfie Tak Dikomentari Orang? Ini Penyebabnya

Menandai hari jadinya yang pertama, Google memamerkan pertumbuhan penggunanya Photos yang bisa dibilang signifikan.

Saat ini, tak kurang dari 200 juta netizen merupakan pengguna aktif Photos, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (31/5/2016) dari blog resmi Google.

Dari jumlah tersebut, 50 persennya diraup pada lima bulan pertama peluncuran layanan tersebut. Untuk diketahui, Photos tersedia dalam versi iOS, Android, maupun situs.

Banyak yang simpan selfie
Temuan menarik lainnya berkaitan dengan fenomena selfie yang menjadi populer sejak kurang lebih satu dekade terakhir. Selama setahun, ada 24 miliar selfie yang disimpan pengguna ke Photos.

Netizen tak ingin selfie terbaik mereka terhapus atau terbuang tanpa disengaja. Di Photos, foto-foto mereka dikatakan bakal selalu tersimpan dalam kualitas prima.

Mereka juga kerap membuat animasi, kolase, dan cuplikan film. Semua konten dikelompokkan ke dalam dua triliun label yang dibuat sendiri oleh netizen,

Secara keseluruhan, Google Photos telah menghimpun konten sebesar 13,7 PB atau setara 13700000 GB. Jika semuanya diasumsikan sebagai foto, perlu waktu sekitar 424 tahun untuk menggulirnya satu per satu.

Diketahui, Photos dibuat agar masyarakat tak perlu memusingkan batas kapasitas penyimpanan pada perangkat elektronik. Melalui sistem cloud personal, pengguna bisa menyimpan sebanyak mungkin data.

Awalnya, pengguna bisa menyimpan secara gratis. Jika sudah mencapai plafon tertentu, pengguna harus membayar dengan nominal yang sesuai dengan kapasitas pemakaian. (Sumber : Blog Google)

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved