Ragamku

Jelang Anak Sekolah, Ajari Anak Konsep Dasarnya Dulu

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orangtua saat ini sangat ingin anaknya cepat bisa menerima pelajaran. Kini, mereka berlomba-lomba menyekolahka

opsdapodikdaspasbar.blogspot.com
Ilustrasi, Murid SD. 

SRIPOKU.COM - Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan orangtua saat ini sangat ingin anaknya cepat bisa menerima pelajaran. Kini, mereka berlomba-lomba menyekolahkan anaknya sebelum anak-anak itu menginjakkan kaki di Sekolah Dasar.

Berita Lainnya: Peraih Medali Perunggu Olimpiade Sains Nasional Asal OKU Diupacarakan di Kantor Diknas

Namun, apakah ini baik? Kemudian, apakah anak akan memiliki prestasi yang lebih baik juga?

Sepertinya, orangtua lupa bahwa ada hal-hal lain yang harus diajarkan pada anak, diluar dari sekolah. Sebagian dari mereka, berpikir bahwa dengan menyekolahkan anaknya sesegera mungkin, anak-anak akan menjadi lebih aktif dan lebih pintar.

"Hal yang paling penting, pendidikan utama yang diberikan kepada anak adalah konsep dasar, yang merupakan pendidikan non-formal," ujar Nana Gerhana, M.Psi., Psikolog kepada Kompas.com, saat ditemui di Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2016).

Nana menjelaskan bahwa untuk anak-anak yang masih berusia 0-7 tahun ini, yang terpenting adalah mengajarkan mereka konsep dasar. Sebab, dari segi kognitif mereka belum siap untuk menerima pelajaran di sekolah.

Konsep dasar yang dimaksudkan adalah cara membina diri, sikap mandiri, sopan santun, bahasa untuk mengungkapkan diri mereka sendiri, dan juga nilai-nilai spiritual.

Pelajaran-pelajaran ini akan membentuk karakter anak sehingga anak pun dapat tumbuh dengan baik. Bekal-bekal seperti ini hanya dapat diajarkan oleh orangtua atau lingkungan di sekitarnya.

Sebab, jika anak tidak memiliki bekal seperti ini, kemungkinan mereka untuk tidak menghargai orang lain bisa menjadi lebih besar.

Lalu, dalam masa pembelajaran yang dilakukan oleh anak-anak, Nana menyarankan agar Anda membuat anak merasa nyaman dan bahagia. Sebab, anak yang secara psikologis merasa nyaman dan bahagia biasanya lebih mudah menangkap apa yang Anda ajarkan.

Maka dari itu, sebagai orangtua yang baik dan ingin memiliki seorang anak dengan kepribadian yang baik, Anda harus mengajarkan mereka konsep-konsep dasar tersebut tanpa membebani sang anak. Sehingga, anak dapat belajar dan bermain dengan nyaman dan bahagia.

Penulis : Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved