Kuliner

Kudapan 'Bingen' Khas Bulan Puasa Mulai Dijual di Pasaran

Roti koing yang memiliki rasa tawar tersebut merupakan kudapan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat ketika berbuka puasa.

Kudapan 'Bingen' Khas Bulan Puasa Mulai Dijual di Pasaran
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Tampak pegawai Toko Akiong yang berlokasi di Pasar Plaju, memperlihatkan roti koing yang akan dijual. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Menjelang Ramadan 1437 Hijriah, di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang mulai diramaikan oleh para pedagang yang menjajakan makanan atau kudapan untuk berbuka puasa. Contohnya, kurma, buah belewah, dan tak lupa roti kering atau akrab dikenal dengan roti koing.

Roti koing yang memiliki rasa tawar tersebut merupakan kudapan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat ketika berbuka puasa. Untuk mengonsumsinya, terlebih dahulu harus direndam dalam air panas. Ada pula yang sebagian yang merendamnya dalam air teh atau kopi.

Akiong, salah seorang pedagang di Pasar Plaju mengatakan, ia baru sepekan ini menjual roti koing ini di tokonya. "Setiap tahun saya memang jual roti ini jelang puasa. Harganya sendiri Rp 2.500 per kantong" tuturnya, Senin (23/5/2015).

Dikatakan Akiong, meski sejak beberapa tahun terakhir pembeli roti koing ditempatnya menurun, namun masih ada sejumlah konsumen yang tetap mencari kudapan tersebut.

"Yang belinya kebanyakan orangtua, kalau yang muda jarang banget. Terlebih lagi sekarang siapa pun bisa beli langsung ke agen atau pabriknya, ga harus ke toko di pasar," ungkapnya.

Sementara itu, saat Sripoku.com mendatangi salah satu pabrik roti di Kawasan Kamboja Palembang, tampak pabrik tersebut telah memprodukai roti yang dikenal juga dengan nama roti raden.

Namun sayangnya, pihak produsen enggan berkomentar lebih banyak terkait roti koing yang telah siap jual tersebut.

Roti koing sendiri dijual dengan bemacam ukuran dengan harga yang bervariasi.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved