Mobil Uber Tanpa Sopir, Mondar-mandir di Jalanan

Selain Google, Uber rupanya juga getol menguji teknologi mobil tanpa sopir (driverless) yang bisa menyetir sendiri tanpa butuh bantuan manusia.

qz.com
Mobil tanpa sopir dari Uber yang diujicoba di kota Pittsburgh, AS. 

SRIPOKU.COM - Selain Google, Uber rupanya juga getol menguji teknologi mobil tanpa sopir (driverless) yang bisa menyetir sendiri tanpa butuh bantuan manusia.

Berita Lainnya: Uber Hadir, Tawarkan Transportasi Alternatif yang Mewah

Penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi itu baru saja merilis foto resmi dari driverless car miliknya yang sedang diujicoba mondar-mandir di jalanan kota Pittsburgh, AS.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/5/2016), mobil tersebut adalah model Ford Fusion hybrid yang menurut Uber dilengkapi dengan radar, pemindai laser, dan kamera resolusi tinggi untuk memetakan lingkungan.

“Uber baru melakukan langkah awal dalam teknologi mobil tanpa sopir, tapi setiap hari kami melihat peningkatan,” tulis Uber dalam posting blog berisikan pengumuman.

“Untuk saat ini, kami fokus menciptakan teknologi yang benar dan menjamin keselamatan para pengguna jalan lain, baik pejalan kaki, pesepeda, maupun pengemudi lain,” tambah perusahaan yang berbasis di San Francisco itu.

Dalam uji cobanya, mobil driverless Uber selalu ditemani seorang pengemudi manusia yang siap mengambil alih kemudi, berjaga-jaga kalau-kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Uber sebenarnya sudah kepergok tengah menyiapkan uji coba mobil tanpa sopir sejak tahun lalu dengan mendirikan Advanced Technologies Center di Pittsburgh, AS.

Kota itu segaja dipilih karena memiliki kondisi lalu lintas menantang dengan jalan-jalan sempit, infrastruktur yang mulai menua, serta cuaca yang sering hujan dan bersalju.

Meskipun Google adalah perusahaan yang paling transparan soal teknologi driverless car, kebanyakan pakar lebih mencermati perkembangan Uber dalam sektor ini. Kedua perusahaan diketahui tengah mendesak legalisasi mobil tanpa sopir di AS dengan dukungan sejumlah vendor otomotif.

Sumber : The Verge.com

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved