Akibat Drainase Tersumbat, Rumah Warga Kebanjiran

Kondisi ini menjadi pekerjaan setiap hari warga untuk membersihkan sampah dan membersihkan rumah akibat kebanjiran.

Akibat Drainase Tersumbat, Rumah Warga Kebanjiran
SRIPOKU.COM/WAWAN
Tampak rumah warga dikawasan Perumnas GUPPI Kota Pagaralam yang kebanjiran akibat aliran drainase yang tidak memadai. 

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Hujan yang mengguyur Kota Pagaralam membuat beberapa daerah di Kota Pagaralam kebanjiran. Air datang dari saluran drainase yang tersumbat sampah.

Kondisi ini menjadi pekerjaan setiap hari warga untuk membersihkan sampah dan membersihkan rumah akibat kebanjiran.

Pantauan Sripoku.com, setiap kali hujan air selalu naik kebadan jalan sehingga membuat jalan rusak. Pasalnya, sampah yang dibuang sembarangan menyumbat saluran sehingga air tergenang. Akibatnya, melimpah dan mengganggu arus lalulintas seperti yang terjadi di Perumnas GUPPI, jalan Gunung, Depan SMAN 1, Jalan Pagardin dan kawasan lainnya.

Delli (30) warga Perumnas GUPPI mengatakan, setiap kali hujan turun air selalu meluber kebadan jalan. Hal ini karena saluran drainase selalu tersumbat sampah. Untuk itu, agar air lancar dan tidak merusak jalan yang saat ini telah banyak berlubang pihaknya setiap hari membersihkan sampah sumbatan.

"Setiap hari ketika hujan kami membersihkan sampah. Pasalnya, sampah dari hulu menyumbat saluran drainase. Jika tidak dibersihkan air seluruhnya mengaliri badan jalan," katanya.

Sampah yang menyumbat umumnya sampah plastik sisa rumah tangga. Sampah ini sangat sulit dibersihkan dan banyak tersangkut diplat deker depan rumah.

"Kebetulan sumbatan terjadi didepan rumah. Mau tidak mau selalu dibersihkan karena mengganggu. Apalagi, sumbatan ini tepat ditepi jalan," ujarnya.

Ada beberapa plat deker yang kerap tersumbat sampah. Padahal, hampir setiap hari selalu dibersihkan. Namun, ketika hujan kembali tersumbat lantaran besarnya debit air ditambah sampah.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved