Breaking News:

Presiden Robert Mugabe Dituntut Mundur karena Sudah Uzur

Massa demonstran menuntut Presiden Robert Mugabe yang sudah uzur di usia 92 tahun untuk segera mengundurkan diri secara terhormat dan bermartabat

Editor: Soegeng Haryadi
REUTERS/DAILY MAIL
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe 

SRIPOKU.COM, HARARE – Ribuan orang berunjuk rasa di Harare, Zimbabwe, Kamis (14/4/2016). Aksi ini yang terbesar selama satu dekade.

Massa demonstran menuntut Presiden Robert Mugabe yang sudah uzur di usia 92 tahun untuk segera mengundurkan diri secara terhormat dan bermartabat.

Polisi anti huru-hara mengawal aksi lebih dari 2.000 pendukung Gerakan untuk Perubahan Demokratis (MDC). Mugabe sendiri bertekad maju lagi pada Pilpres 2018.

Mereka membawa plakat anti-Mugabe dan menyanyikan lagu-lagu party sebelum pemimpin mereka, Morgan Tsvangirai, menyampaikan pidato menyerang Mugabe.

Protes anti pemerintah di Zimbabwe sudah sering terjadi dan biasanya berakhir dengan bentrokan dengan polisi.

Mugabe berkuasa sejak negara itu merdeka pada tahun 1980, dan menjadi salah satu diktator gaek di dunia saat ini.

Presiden Mugabe masih tetap merasa kuat meski sering mengalami gangguan kesehatan. Hal itu juga memicu perdebatan tentang siapa pengganti di akhir pemerintahannya.

Zimbabwe telah menderita krisis ekonomi dan emigrasi massal selama era yang ditandai dengan intoleransi terhadap perbedaan pendapat, kecurangan, dan tuduhan pelanggaran HAM.

“Mugabe tidak memiliki solusi atas krisis,” kata Tsvangirai dalam pidato singkat di depan pendukung yang berkumpul di Alun-alun Persatuan Afrika.

“Kami di sini untuk memberitahu Mugabe dan rezimnya yang telah gagal,” lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved