Healthy Life

5 Gangguan Kesehatan yang Disebabkan Stres

Walau stres merupakan kondisi emosional, nyatanya hal itu sangat memengaruhi kondisi fisik kita. Tak sedikit penyakit yang dialami tubuh ternyata dipi

5 Gangguan Kesehatan yang Disebabkan Stres
METRO.CO.UK
Ilustrasi. 

SRIPOKU.COM - Walau stres merupakan kondisi emosional, nyatanya hal itu sangat memengaruhi kondisi fisik kita. Tak sedikit penyakit yang dialami tubuh ternyata dipicu oleh stres.

Bila Anda mengalami beberapa gejala ini, kemungkinan besar penyebabnya adalah stres berkepanjangan yang belum tuntas diselesaikan.

Berita Lainnya: Tanda-tanda Ini Menunjukan Anda Sedang Stres

1. Ruam merah dan gatal

Bila kulit Anda mendadak dipenuhi oleh ruam kemerahan dan juga gatal, penyebabnya tak selalu alergi tapi juga stres. Ketika tubuh mengalami stres yang berlebihan (baik jangka pendek atau panjang), sistem imun akan kacau dan tubuh mulai melepaskan histamin untuk melawan "musuh".

Jika stres belum juga reda, kita akan mengalami reaksi alergi dan gejalanya biasanay dirasakan di kulit. Ketika sistem imun kita lemah akibat stres, kulit juga mudah iritasi oleh hal-hal yang sebelumnya tidak membuat sensitif, misalnya saja sabun, udara panas atau dingin, losion, atau sabun deterjen.

2. Berat badan berfluktuasi
"Stres memicu pelepasan hormon kortisol, yang mengganggu kemampuan tubuh memproses gula darah dan juga mengubah cara metabolisme lemak, protein, dan kaborhidrat, sehingga berakibat berat badan naik atau turun," kata Shanna Levine, dokter umum.

Stres juga membuat seseorang memiliki pola makan tidak sehat, baik itu berlebihan atau justru kehilangan nafsu makan.

3. Nyeri kepala berulang

Bila sebelumnya Anda jarang menderita nyeri kepala tapi belakangan ini kepala sering terasa berat dan nyeri, bisa jadi Anda stres. Hormon-hormon stres bisa menyebabkan perubahan di saraf dan pembuluh darah otak, sehingga memicu sakit kepala. Ketika stres, otot-otot juga lebih tegang sehingga memicu sakit kepala.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved