Warga Tanjung Sakti Pumu dan Jarai Lahat Ikut Rasakan Gempa Bengkulu

Meski tidak berdampak pada kerusakan, namun getaran gempa sempat mengejutkan warga.

Warga Tanjung Sakti Pumu dan Jarai Lahat Ikut Rasakan Gempa Bengkulu
ISTIMEWA
Ilustrasi 

SRIPOKU.COM LAHAT -- Gempa tektonik 5,9 skala Richter (SR) yang terjadi di Provinsi Bengkulu ternyata terasa hingga wilayah Kabupaten Lahat. Meski tidak berdampak pada kerusakan, namun getaran gempa sempat mengejutkan warga, terlebih kecamatan yang berdekatan dengan Provinsi Bengkulu, seperti Tanjung Sakti Pumu yang berjarak sekitar 16 Km dari Bengkulu.

Camat Tanjung Sakti Pumu, Sumarno kepada Sripoku.com mengungkapnya, gempa yang terjadi pada Minggu (10/4/2016) sekitar pukul 09.00 WIB membuat warga terkejut. Kendati demikian sejauh ini belum ada laporan kepada pihaknya adanya kerusakan akibat getaran gempa yang terjadi.

“Kalau untuk kerusakan belum terpantau termasuk laporan dari kades. Warga memang terasa namun skalanya kecil. Ya tetap diimbau waspada akan adanya gempa susulan,” terangnya saat dihubungi, Minggu siang.

Apalagi, tambah Sumarno, Provinsi Bengkulu dan sekitarnya memang daerah rawan gempa tektonik.

Hal senada juga diungkapkan oleh Camat Jarai, Indaharmansyah. Dikatakannya, gempa yang terjadi pagi hari ini memang terasa hingga Jarai. Namun demikian, sejauh ini dipastikannya tidak ada kerusakan ataupun korban jiwa.

"Jarai kan cukup jauh jaraknya dengan Bengkulu, jadi tidak terlalu besar dampaknya kecuali jika skala kekuatannya tinggi,"ungkapnya.

Terpisah, Sarmin (35) warga tanjung sakti mengaku kaget ketika merasakan gempa. Namun, karena waktunya tidak lama dan juga skala kekuatannya relatif kecil, gempa tidak sampai menimbulkan kepanikan besar di kalangan warga.

"Terasa, tapi sebentar dan tidak kuat. Sempat cemas dan was was takutnya ada gempa susulan yajng lebih besar lagi," ujarnya.

Untuk diketahui sebagaimana dikabarkan, gempa terjadi pukul 09.14 WIB. Lokasi gempa di 4.32 Lintang Selatan dan 102.09 Bujur Timur, dengan kedalaman 16 Km. Pusat gempa di 61 Km Barat Daya Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Penulis: Ehdi Amin
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved