Mobil Penjelajah Bulan NASA yang Hilang Ternyata Teronggok di Belakang Rumah Warga

Mobil ini ditemukan secara tak sengaja oleh seorang sejarawan Angkatan Udara saat dia berada di kota kecil itu dua tahun lalu

Mobil Penjelajah Bulan NASA yang Hilang Ternyata Teronggok di Belakang Rumah Warga
MIRROR
Mobil bulan terakhir yang dikirim ke bulan bersama misi Apollo 15. 

SRIPOKU.COM, HOUSTON -- Sebuah mobil bulan yang pernah digunakan dalam program rahasia NASA ditemukan setelah 40 tahun dinyatakan hilang.

Meski pernah menjadi bagian dari program Apollo bernilai 150 miliar dollar AS, mobil yang nama resminya adalah Local Scientific Survey Module (LSSM) itu hilang pada 1970-an.

Benda bersejarah itu kemudian ditemukan teronggok di halaman belakang rumah seorang warga kota Blountsville, Alabama pada 2014, hanya 80 kilometer dari tempat pembuatannya.

Mobil ini ditemukan secara tak sengaja oleh seorang sejarawan Angkatan Udara saat dia berada di kota kecil itu dua tahun lalu.

Saat ditemukan banyak bagian dari benda ini hilang, maklum saja LSSM ini dibiarkan tak terawat selama hampir lima dekade.

Mesin elektronik, panel kemudi dan antenanya hilang, yang tersisa hanyalah kerangka besi berwarna putih. Keempat rodanya juga sudah hancur.

Melihat benda itu, sang sejarawan langsung menghubungi NASA. Sayangnya saat dihubungi NASA sang pemilik rumah sudah meninggal dunia dan benda itu sudah dijualnya ke tempat penampungan barang bekas.

Beruntung, sang pemilik tempat penampungan barang bekas menyadari nilai sejarah dari benda itu sehingga dia tak menghancurkannya dan menyimpannya di halaman belakang rumah.

Mobil ini butuh 40.000 poundsterling atau sekitar Rp 760 juta untuk direstorasi agar terlihat mirip dengan masa jayanya di era 1960-an.

Meski tanpa restorasi mobil bulan yang hilang itu kini akan dilelang.

"Mobil bulan ini sangat luar biasa dan merupakan bagian dari sejarah luar angkasa," kata Robert Livigstone, wakil presiden eksekutif rumah lelang RR Auctions.

"Saya bayangkan orang-orang di Silicon Valley akan tertarik dengan benda ini karena mereka menyukai angkasa luar dan memiliki uang untuk merestorasi," tambah Robert.

Mobil bulan yang hilang ini adalah sebuah prototipe dan tidak pernah diluncurkan ke angkasa luar. Namun peran mobil ini sangat penting untuk mengembangkan mesin yang digunakan menjelajah bulan dalam misi terakhir Apollo 15 pada 1972.

Mobil ini dirancang Brown Engineering di Alabama dan bahkan bapak program angkasa luar AS Wernher von Braun pernah difoto mengendarai mobil ini pada 1965.

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved