Ombudsman Klaim Pelaksanaan UN di Sumsel Bersih Kecurangan

Ombudsman tetap terus melakukan pengawasan dan pemantauan.

Ombudsman Klaim Pelaksanaan UN di Sumsel Bersih Kecurangan
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Aktivitas sejumlah siswa sebagai peserta UN yang mengikuti pelaksanaan UN berbasis komputer di SMA Negeri 11 Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA yang berlangsung di wilayah Sumsel, diklaim Ombudsman RI Perwakilan Sumsel berjalan bersih dan bebas dari kecurangan. Ombudsman sebagai lembaga negara dalam pengawasan pelayanan publik, belum menerima adanya laporan terkait kecurangan UN.

"Memang tidak semua sekolah kita pantau secara langsung, namun dari pantauan tim Ombudsman tidak ditemukan adanya kecurangan UN. Baik kecurangan pelaksanaan UN yang berbasis komputer maupun yang manual kertas. Bukan hanya untuk wilayah Palembang, namun untuk wilayah Sumsel," Indra Zuardi, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel, Kamis (7/4/2016).

Indra mengatakan, diklaim UN di Sumsel berlangsung aman dan bersih dari indikasi kecurangan, Ombudsman yang terbuka untuk masyarakat umum belum menerima adanya laporan. Namun meskipun belum menerima laporan dan juga belum menemukan adanya kecurangan, Ombudsman tetap terus melakukan pengawasan dan pemantauan.

"Dari pantauan mulai dari pendistribusian soal hingga sampai ke sekolah, semuanya berlangsung aman dan dipastikan tidak ada indikasi kebocoran. UN di Sumsel berlangsung tertib berbeda dengan beberapa propinsi daerah lain yang menemukan adanya bocoran soal," ujarnya.

Meskipun tidak ditemukan indikasi kecuran pada pelaksanaan UN pada sekolah, Indra menambahkan, pemantauan tak hanya dilakukan pada pelaksanaannya saja. Bahkan Ombudsman juga mengawasi pada proses scanning nantinya.

"Intinya jika ada masyarakat atau peserta UN yang menemukan adanya kecurangan dalam pelaksanaan UN, silakan laporkan ke Ombdusman. Namun kita berharap UN di Sumsel berlangsung bersih dari kecurangan," ujarnya.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved