Teknologi dan Gagdet

Tunanetra Bisa "Melihat" Foto di Facebook

Fitur terbaru Facebook untuk Apple iOS membuat orang buta bisa melihat atau mengenali berbagai foto. Caranya dengan membacakan deskripsi setiap foto y

Editor: Bedjo
http://tekno.kompas.com/The Next Web
Facebook mengembangkan kecerdasan buatan yang mampu mengenali objek di dalam foto dan membacakan deskripnya ke pengguna tunanetra. 

SRIPOKU.COM - Fitur terbaru Facebook untuk Apple iOS membuat orang buta bisa melihat atau mengenali berbagai foto. Caranya dengan membacakan deskripsi setiap foto yang ditemui di linimasa media sosial tersebut.

Berita Lainnya: Sekarang, Penyandang Tunanetra Bisa "Melihat" di Twitter

Facebook memang telah lama berusaha mengembangkan kecerdasan buatan yang bisa mengenali berbagai objek dalam sebuah foto.

Mereka memakai jejaring syaraf yang meniru fungsi otak untuk mengenali objek. Selanjutnya mereka melatih kecerdasan buatan tersebut memakai jutaan contoh gambar.

Dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Rabu (6/4/2016), Facebook mengumumkan ketersediaan kecerdasan buatan itu di aplikasi Facebook untuk perangkat mobile berbasis iOS. Wujudnya adalah fitur bernama Automatic Alternative Text.

Fitur tersebut memungkinkan saat pengguna menjelajah linimasa dan menemukan foto, fitur tersebut otomatis membuat deskripsi.

Berbagai objek di dalam foto akan disebutkan sehingga bisa didengar pengguna tunanetra. Misalnya mengatakan, "Foto ini berisi tiga orang, tersenyum, dan berada di luar ruangan."

Sementara ini, Automatic Alternative Text baru bisa mendeskripsikan foto ke dalam bahasa Inggris. Hanya pengguna di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia serta Selandia Baru yang bisa memakainya.

Facebook berencana merilis fitur itu ke berbagai negara, bahasa serta platform lain dalam waktu dekat.

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved