BPBD Sumsel Salurkan Bantuan Korban Banjir di Tanabang Muarakuang OI

Warga korban banjir di Desa Transmigrasi Tanabang Muarakuang dapat menikmati bantuan dari BPBD Sumsel berupa beras dan bahan pokok lainnya.

BPBD Sumsel Salurkan Bantuan Korban Banjir di Tanabang Muarakuang OI
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Ketua BPBD Sumsel, H Yuizar Dinoto saat menyerahkan bantuan korban banjir di Tanabang Muarakuang Ogan Ilir, Kamis (31/3). 

SRIPOKU.COM, INDERALAYA-- Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sumsel menyalurkan bantuan kepada warga korban bencana banjir, di permukiman transmigrasi SP 2 Desa Tanabang Kecamatan Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kamis (31/3).

Tak tanggung-tanggung, bantuan yang disalurkan oleh BPBD Sumsel kepada warga korban bencana banjir berupa 3 ton beras, matras, lauk pauk, makanan bergizi, dan bahan kebutuhan pokok lainnya termasuk juga bantuan "kidware" beserta peralatan dapur lainnya.

Bantuan yang diberikan tersebut, khususnya kepada 48 kepala keluarga yang terkena dampak banjir yang diakibatkan dari luapan air sungai ogan.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh BPBD Sumsel tersebut, langsung diterima sekretaris daerah (Sekda) Pemkab OI H Herman SH beserta Asisten 1 H Wilson, yang telah menunggu kedatangan rombongan BPBD Sumsel ke desa transmigrasi SP 2 Tanabang Muara Kuang.

Untuk selanjutnya, sebanyak dua truk bantuan korban bencana banjir diberikan kepada 48 kepala keluarga yang terkena dampak banjir. Usai menyerahkan bantuan kemanusiaan, kepala BPBD Sumsel H Yulizar Dinoto SH mengatakan, bantuan kepada korban bencana banjir tidak hanya di Kabupaten OI.

Melainkan lanjut Noto di dua Kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Sumsel yakni Kabupaten Muba, Kabupaten OKU Selatan dan Kabupaten Muratara.

"Jumlah bantuannya pun cukup bervariasi, seperti yang di Kabupaten Muba, bantuan berupa beras mencapai 12 ton lebih. Khusuanya musibah bencana banjir yang melanda kawasan Muarakuang sudah biasa terjadi dan bencana banjir lebih diakibatkan faktor meluapnya permukaan air sungai ogan di kawasan tersebut, khususnya di wilayah Kecamatan Muara Kuang Kabupaten OI," ujar pria yang pernah menjabata sebagai Pj Bupati OI ini.

Disebutkan Yulizar, bantuan yang telah diberikan mudah-mudahan dapat mengurangi beban masyarakat yang terkena bencana banjir.

Tentu lanjut Noto, bantuan yang diberikan ini lebih kesisi perekonomian yang berkaitan dengan kebutuhan hidup sehari-hari. Karena, diketahui akibat bencana banjir tentu saja berpengaruh terhadap aktivitas perekonomian warga maayarakat setempat yang terganggu.

"Seperti persawahan, perkebunan dan aktivitas pertanian lainnya, akan berpengaruh akibat bencana banjir. Maka dari itu, kita berikan bantuan yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari seperi beras, sandang, lauk pauk dan lain sebagainya," ujar kepala BPBD OI.

Kegiatan penyerahan bantuan kepada warga korban bencana banjir di kawasan transmigrasi desa Tabang Muarakuang, dihadiri anggota DPR RI dari Partai PDIP, Yulian Gunhar SH.

Penulis: Beri Supriyadi
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved