5 Kesalahan, Paling Sering Dilakukan saat "Nge-gym"

Jika setelah berbulan-bulan berlatih di gym namun hasil yang didapat tak sesuai harapan, mungkin ada kesalahan yang tak sengaja Anda lakukan. Menuru

5 Kesalahan, Paling Sering Dilakukan saat
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Ilustrasi, Senam Aerobik. 

SRIPOKU.COM - Jika setelah berbulan-bulan berlatih di gym namun hasil yang didapat tak sesuai harapan, mungkin ada kesalahan yang tak sengaja Anda lakukan.

Berita Lainnya: Mau Bugar Tanpa Harus ke Gym? Begini Caranya

Menurut Andrea Metcalf, pelatih fitnes bersertifikat dari Healthy Living, inilah kesalahan latihan yang paling banyak dilakukan, terutama oleh wanita.

1. Tidak berlatih beban
Meski banyak wanita mengerti keuntungan latihan kekuatan, tapi mereka tidak melakukannya karena takut menjadi bulky (badan menjadi kekar karena otot terlalu besar).

Latihan beban, terutama bagi wanita di atas 40 tahun, dapat membantu tubuh membentuk otot, sehingga metabolisme dan kemampuan tubuh membakar lemak juga meningkat. Konsultasikan kepada pelatih Anda jenis dan takaran latihan beban yang tepat untuk menghindari tubuh menjadi bulky.

2. Berpegangan
Ada bilah pegangan untuk setiap alat latihan kardio seperti treadmill dan upright bikes. Bertumpu pada bilah pegangan akan menghalangi area tubuh utama (core body) dari keharusan menyeimbangkan dan mengoordinasikan otot-otot. Hasilnya, pembakaran kalori dan pembentukan otot menjadi tidak maksimal.

Cobalah untuk bergerak tanpa berpeganhan, kencangkan otot perut. Untuk alat seperti elliptical yang lebih menantang, jika Anda seorang pemula, lebih baik tetap berpegangan dan naikkan kemampuan Anda perlahan sesuai kemampuan.

3. Menghindari cermin
Kadang, kita tidak suka apa yang kita lihat di dalam cermin. Karena itu, kita menghindarinya. Padahal, sebenarnya cermin dapat memberi kita masukan yang baik mengenai hasil latihan.

Dengan cermin, kita bisa melihat bagian tubuh mana yang masih kurang di latih dan mana yang ototnya masih kendur.

Tak ada salahnya berlatih di depan cermin, atau minimal bercerminlah (gunakan cermin besar yang memperlihatkan keseluruhan diri Anda) seminggu sekali untuk mengeavaluasi hasil latihan.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved