Nila Lega, Harga Cabai dan Bawang Merah Berangsur Normal

Imbas kenaikan harga cabai beberapa waktu lalu, harus membuat Nila putar otak untuk mengelola uang belanjanya.

Nila Lega, Harga Cabai dan Bawang Merah Berangsur Normal
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Suasana jual beli cabai dan bawang merah di Pasar 16 Ilir Palembang, Jumat (22/1/2016). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Nilawati, ibu rumah tangga yang tinggal di Kawasan Talang Putri Plaju ini mengaku lega, dengan harga jual cabai dan bawang merah saat ini. Harga kedua komoditas tersebut sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang sebelumnya sempat melambung tinggi.

"Alhamdulillah harga cabai dengan bawang merah sudah turun, bisa masak sambal tiap hari nih kalau harganya kembali normal," ujar Nila sembari tertawa saat ditemui tengah berbelanja di kawasan Pasar Modern Plaju Palembang.

Nila dan sejumlah ibu rumah tangga lainnya sempat mengeluhkan harga cabai dan bawang merah di pasaran yang melambung tinggi. Imbas kenaikan harga cabai beberapa waktu lalu, harus membuat Nila putar otak untuk mengelola uang belanjanya.

"Waktu cabai naik, paling belanja cabainya satu ons atau dua ons saja, asal cukup masak hari itu saja. Kalau tak diakali seperti itu, otomatis bakal ganggu uang keperluan lainnya, padahal dirumah anak dan suami suka sekali makan yang pedas-pedas. Tapi, kok disaat harga-harga kebutuhan mulai normal, malah harga daging sapi yang naik" katanya.

Memang benar, saat ini harga cabai merah dan bawang merah yang dijual pedagang mengalami penurunan atau bisa dikatakan berangsur-angsur normal. Untuk harga cabai merah saat ini dijual Rp 15 ribu perkilonya, padahal sebelumnya harga cabai mencapai Rp 45 ribu perkilo. Sementara untuk harga bawang merah dijual pedagang Rp 25 ribu perkilo dari sebelumnya Rp 30 ribu perkilonya.

"Harga cabai dan bawang memang sudah mulai turun sekitar dua hari lalu, cabai merah jawa harganya Rp 15 ribu, sedangkan cabai merah keriting dari harga Rp 60 ribu perkilo, kini turun jadi Rp 30 ribu perkilo," ungkap Nurmalina, pedagang cabai di kawasan pasar 16 Ilir Palembang, Jumat (22/1/2015)

Mulai berangsurnya harga jual cabai dan bawang merah tersebut, tak hanya terpantau di kawasan Pasar 16 Ilir, namun juga terjadi di pasar modern Plaju. Harga cabai rawit misalnya dijual pedagang dengan harga Rp 44 ribu perkilo kini menjadi Rp 40 ribu perkilo.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved