Minim Kesadaran KB, Seberang Ulu Dijadikan Percontohan

"Memang agak ironi, karena Seberang Ulu I ini kan dekat dengan perkotaan namun malah tingkat kesadarannya minim," katanya

Minim Kesadaran KB, Seberang Ulu Dijadikan Percontohan
http://uptkbkertek.blogspot.com/
Ilustrasi.

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Masih minimnya tingkat kesadaran masyarkat untuk mengikuti program Keluarga Berencana (KB), BKKBN Provinsi Sumsel kemudian mencanangkan kawasan tersebut akan menjadi lokasi percontohan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Sumatera Selatan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Sumsel Ary Goedadi, Kamis (14/1).

"Memang agak ironi, karena Seberang Ulu I ini kan dekat dengan perkotaan namun malah tingkat kesadarannya minim," katanya

Selain karena faktor minimnya kesadaran masyarakan, kawasan tersebut dipilih dikarenakan pada lokasi tersebut banyak dari lapisan masyarakat kurang mampu dan juga sebagai lokasi padat penduduk.

"Kita ingin di kawasan tersebut masyarakat mulai sadar akan program KB, dimana sebenarnya manfaat KB ini pun sudah banyak diketahui," ujarnya.

Nantinya, lanjut Ay Goedadi,  kampung KB ini akan dibuat untuk meningkatkan kepesertaan KB yang ada di daerah tersebut dan juga akan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Seperti  dengan PKK, PUCK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan untuk melakukan hal ini.

Misalnya, tambah Ary, di kampung tersebut akan dibuat jalan yang layak oleh PUCK, dibuat MCK dari dinas kesehatan dan juga peran pendidikan juga perlu didukung.

" Lokasi kampungnya tepatnya RT berapa kita belum tahu, namun data kita memang di Palembang ini akan kita lakukan di SU I ," jelasnya.

Ary juga mengatakan, untuk tahap awal ini Kecamatan SU I dulu dipilih untuk  menjadi kawasan percontohan Kampung KB, dimana sudah tersedia alokasi dana untuk Kampung KB sebesar Rp 20 Juta perkampung.

"Dengan dana tersebut, akan membantu lingkungan masyarakat disana. Bahkan dana untuk alokasi bantuan desa dari Kementrian Desa pun akan mendukung setiap lokasi adanya kampung KB. Lalu, di Kampung KB ini masyartakat yang memiliki usaha kecil akan dibantu dengan pinjaman lunak sebesar Rp 5 juta,"ujarnya.

Dalam acara pencanangan SU I sebagai Kampung KB, Hj. Eliza Alex Noerdin Ketua Tim Pengerak PKK Sumatera Selatan bersama rombongan turut pula hadir.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved