5 Mata Uang, Paling Jeblok Tahun 2015

Tahun 2015 bukan merupakan tahun yang baik bagi mata uang rupiah. Di kuartal III-2015 saja, rupiah terhadap dollar AS secara rata-rata melemah sebesar

5 Mata Uang, Paling Jeblok Tahun 2015
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi dollar AS 

SRIPOKU.COM - Tahun 2015 bukan merupakan tahun yang baik bagi mata uang rupiah. Di kuartal III-2015 saja, rupiah terhadap dollar AS secara rata-rata melemah sebesar 5,35 persen. Pada 31 Desember 2015 lalu, nilai tukar rupiah berada pada posisi Rp 13.795 per dollar AS.

Berita Lainnya: Mata Uang Negara Asia Pasifik, Ikut Terseret Melemahnya Impor China

Namun, pelemahan nilai tukar terhadap dollar AS tidak hanya dialami oleh mata uang garuda. Bahkan, ada beberapa mata uang dunia yang mengalami pelemahan lebih dalam dibandingkan rupiah.

Berikut daftar 5 mata uang dengan kinerja paling jeblok pada tahun 2015 lalu.

1. Peso Argentina

Mata uang peso Argentina melemah 34,6 persen terhadap dollar AS selama 2015, menjadikannya mata uang dengan performa terburuk di dunia tahun lalu. Pemerintah baru Argentina memberlakukan kebijakan moneter pada Desember 2015 yang membuat peso bergerak bebas.

Pemerintah Argentina kini mengharapkan lebih banyak investasi asing masuk ke negara itu. Ekonomi Argentina menderita kesalahan pengelolaan ekonomi selama bertahun-tahun dan amat membutuhkan dana asing.

2. Real Brazil

Mata uang Brazil, real, terperosok 32,9 persen terhadap dollar AS do tahun 2015. Brazil begitu berganting pada ekspor pertanian dan komoditas mentah, seperti minyak, gula, kopi, dan metal. Sayangnya, harga komoditas jatuh, yang memukul sektor keuangan Brazil.

Masalah korupsi juga menampar ekonomi Brazil. Skandal yang melibatkan raksasa minyak Brazil, Petrobras, melebar ke sektor tertinggi bisnis dan politik, yang akhirnya menggoyang negara tersebut.

Halaman
12
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved