Breaking News:

5 Tol Terpanjang di Indonesia

Jalan tol menjadi salah satu infrastruktur penting dalam menciptakan konektivitas antar-wilayah. Oleh karena itu pemerintah melakukan percepatan pemba

dapurpacu.com
Tol Cipali. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA – Jalan tol menjadi salah satu infrastruktur penting dalam menciptakan konektivitas antar-wilayah. Oleh karena itu pemerintah melakukan percepatan pembangunannya.

Berita Lainnya:
Pembangunan Tol Palindra Tepat Waktu

Berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2019, saat ini tengah dibangun 25 jalan tol baru dengan panjang 905,15 kilometer.

Sedangkan yang sudah beroperasi, menurut data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), terdapat 33 jalan tol dengan panjang total mencapai 949 kilometer di Pulau Jawa dan luar Jawa.

Termasuk jalan tol terpanjang yang dibuka secara resmi pada 13 Juli 2015, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Dari 33 jalan tol yang sudah beroperasi, Kompas.com coba menghimpun lima jalan tol terpanjang di Indonesia. Berikut hasilnya.

5. Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang)

Jalan Tol Cipularang berada di Jawa Barat dan dibangun selama tiga tahun sejak 2003 hingga 2005. Jalan tol ini menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung.

Panjangnya mencapai 58,5 kilometer dan menjadi tol nomor lima terpanjang di Indonesia. Jalan Tol Cipularang saat ini dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

4. Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi)

Halaman
123
Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved