Indahnya Bumi Dilihat dari Bulan Saat 'Earthrises'

Foto tersebut merupakan hasil jepretan satelit Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) yang mengorbit di sekelilng Bulan.

Indahnya Bumi Dilihat dari Bulan Saat 'Earthrises'
PETA PIXEL
Foto Bumi yang terlihat seolah terbit dari balik permukaan Bulan 

SRIPOKU.COM -- Pernahkah kamu membayangkan seperti apa rasanya mengalami earthrises atau melihat Bumi terbit dari permukaan Bulan?

Mungkin seperti melihat Matahari terbit di keseharian kita. Dilihat dari bulan, planet tempat tinggal kita tak terlihat silau, namun begitu bulat dan didominasi warna biru.

Kini kamu bisa membandingkan imajinasi itu dengan foto sesungguhnya yang baru saja dirilis NASA. Ya, foto tersebut merupakan hasil jepretan satelit Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) yang mengorbit di sekelilng Bulan.

"LRO melihat earthrises 12 kali sehari di Bulan. Meski demikian, pesawat antariksa itu hampir setiap waktu sibuk digunakan untuk memetakan permukaan Bulan, sehingga jarang berkesempatan mengabadikan earthrises," tulis NASA.

Seperti dikutip Nextren dari PetaPixel, Senin (21/12/2015), kali ini mereka menyempatkan diri mengabadikan peristiwa tersebut dalam sekumpulan foto yang dirajut menjadi satu foto dalam resolusi tinggi.

NASA mengolahnya dengan sistem pemrosesan khusus yang menggabungkan banyak informasi resulosi rendah berwarna dengan informasi hitam-putih resolusi tinggi. Hasilnya berupa foto earthrises seperti di atas.

Sekilas melihatnya, foto tersebut mengingatkan pada foto legendaris karya astronot William Sanders, kru Apollo 8. Pada 1968 silam, ketika pesawat antariksa yang ditungganginya sedang mengorbit Bulan, Sanders menyempatkan diri memotret beberapa foto Bumi terlihat seolah-olah sedang terbit. (Nextren)

Editor: Soegeng Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved