Harga Minyak Dunia

Kembali Melorot, Harga Minyak Dunia

Harga minyak dunia turun lagi pada Kamis (17/12/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB). Turunnya harga minyak disebabkan kekhawatiran akan tingginya

Editor: Bedjo
Kembali Melorot, Harga Minyak Dunia
istimewa
Ilustrasi Kilang Minyak Pertamina

SRIPOKU.COM, NEW YORK - Harga minyak dunia turun lagi pada Kamis (17/12/2015) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Berita Lainnya: Harga Minyak Bisa Melorot ke Level 28 Dollar AS

Turunnya harga minyak disebabkan kekhawatiran akan tingginya persediaan minyak AS dan penguatan dollar AS setelah Federal Reserve menaikkan suku bunga.

Minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari, turun 57 sen menjadi 34,95 dollar AS per barrel di New York Mercantile Exchange.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Februari, turun 33 sen menjadi pada 37,06 dollar AS per barrel di perdagangan London.

Penurunan terjadi setelah laporan persediaan Departemen Energi AS pada Rabu menunjukkan kenaikan besar dalam stok minyak mentah komersial negara tersebut, serta peningkatan dalam persedian bahan bakar bensin dan distilat.

Pasokan minyak mentah AS pekan lalu naik 4,8 juta barrel menjadi 490,7 juta barrel alias 110,7 juta barrel lebih dari satu tahun sebelumnya.

Produksi minyak mentah AS juga bertambah 12.000 barrel menjadi 9,176 juta barrel per hari pada pekan lalu.

Sementara itu, Federal Reserve mengumumkan kenaikan pertama suku bunga acuan AS dalam 9 tahun terakhir yang membuat kenaikan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang dunia lainnya.

Penguatan greenback (sebutan bagi dollar AS) itu memperlemah permintaan untuk minyak yang dihargakan dalam dollar di pasar internasional.
Editor : Erlangga Djumena
Sumber : AFP/ANTARA

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved