Garuda Indonesia Buka Rute Balikpapan-Jeddah

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Balikpapan ke Jeddah, Arab Saudi, mulai Rabu (2/12/2015). Rute ini akan melalui Bandara

tribunnews
Ilustrasi, Pesawat Boeing 777-300ER Garuda Indonesia 

SRIPOKU.COM , BALIKPAPAN – Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Balikpapan ke Jeddah, Arab Saudi, mulai Rabu (2/12/2015). Rute ini akan melalui Bandara Kualanamu di Kota Medan, Sumatera Utara.

Berita Lainnya: 20 Kota di Kaltim akan Dijajaki Oleh Maskapai Garuda Indonesia

“Garuda memperluas jaringan penerbangan di rute internasional, sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna jasa khusus di Kalimantan dan sekitarnya, yakni layanan penerbangan langsung ke Jeddah untuk melakukan ibadah umroh dan perjalanan bisnis,” kata Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Garuda, Iwan Joeniarto, di Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, melalui surat elektroniknya.

Frekuensi penerbangan Balikpapan-Jeddah dilakukan tiga kali dalam satu minggu, yakni Rabu, Jumat, dan Minggu. Garuda menyediakan pesawat berbadan lebar Airbus A330-300 dengan kapasitas 348 penumpang, yang semuanya kelas ekonomi.

“Mengantisipai peningkatan pasar penerbangan, umrah dan haji khususnya, maka kita merekonfigurasi kabin yang semula 257 kursi (dua kelas) menjadi 348 kursi,” kata Iwan.

“Saat penerbangan akan dilakukan pengisian ulang bahan bakar lebih dulu ke di Medan,” katanya.

Rute Jeddah melengkapi empat rute serupa di beberapa bandara di tanah air. Garuda melayani rute serupa dari Jakarta dengan 13 penerbangan dalam satu minggu, Surabaya empat kali seminggu, sedangkan Makassar dan Medan tiga kali seminggu.

Secara teknis, GA988 akan terbang dari Balikpapan ke Jeddah pukul 06.40 Wita dan tiba di Jeddah pukul 08.00 waktu setempat. Sedangkan penerbangan dari Jeddah ke Balikpapan dilayani pesawat GA989 yang berangkat pukul 09.30 dan tiba 06.30.

15.000 Haji di 2015

Calon haji dan umroh Kalimantan Timur tercatat 15.000 orang di 2015 ini. Jumlah ini dianggap potensi besar dan terbuka lebar. Karenanya, di akhir 2016, Garuda berharap bisa menguasai 80 persen pasar penerbangan haji dan umraoh di Kalimantan.

“Pengguna jasa nanti berasal dari Balikpapan dan sekitarnya yang ingin melakukan penerbangan ke Jedah, termasuk Banjarmasin, Berau, Tarakan, Potianak, dan Palangkaraya,” katanya.

Garuda percaya diri dengan terus mengembangkan rute internasional dan domestik. Perusahaan penerbangan pelat merah ini sudah melayani 75 destinasi ke seluruh dunia dan berbagai kota di Indonesia. Load-nya 600 penerbangan dalam satu hari dengan armada 169 pesawat berusia rerata 4-5 tahun.

Penulis : Kontributor Balikpapan, Dani J

Editor: Bedjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved