Job Fair Mampu kurangi Angka Pengangguran 9 Persen

Program Job Fair yang diadakan benar-benar mampu mengurangi angka pengngguran Kota Palembang.

Job Fair Mampu kurangi Angka Pengangguran 9 Persen
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Suasana Job Fair ke 2 yang dihadiri ribuan pencaker. Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Kantor Disnaker Kota Palembang, tanggal 25-26 November 2015. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Guna mengurangi angka pengangguran di Kota Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palembang, hari ini, Rabu (25/11/2015), menggelar Job Fair kedua di tahun 2015.

Pantauan Sripoku.com di halaman Kantor Disnaker Kota Palembang, kegiatan Job Fair yang mulai dilaksanakan hari ini (kemarin-red), ramai diserbu ribuan para Pencari Kerja (Pencaker) Kota Palembang.

Dikatakan Kepala Disnaker Kota Palembang, Isnaini Madani, kegiatan Job Fair dilaksanakan selama dua hari, dimulai kemarin dan akan berakhir, Kamis (26/11/2015) ini.

Lowongan kerja yang disediakan dalam Job Fair 2015 ini, dimulai dari lembaga pelatihan, industri pengolahan, penanaman modal, perdagangan, hotel, pembiayaan, perbankan, industri dan jasa. Pada hari pertama, pencaker yang mendaftar sudah mencapai 1.000 ribuan pencaker Kota Palembang, maupun luar daerah.

"Ada lebih dari 2.200 lowongan pekerjaan yang dibutuhkan, perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta Job Fair, yang kita adakan. Jadi, jika 50 persen pencaker dapat terserap, artinya mengurangi angka pengangguran di Kota Palembang," ujarnya.

Isnaini mengatakan, program Job Fair yang diadakan benar-benar mampu mengurangi angka pengngguran Kota Palembang maupun daerah lain di Sumatera Selatan (Sumsel). Pasalnya, pada tahun lalu, Job Fair yang diadakan berhasil mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Kota Palembang, sampai dengan 7-9 persen.

"Jika kita diadakan satu tahun tiga kali. Maka angka pengangguran bisa berkurang sampai 27 persen," katanya.

Meski saat ini Disnaker memiliki bursa kerja online yang disediakan Disnaker dan sudah berjalan. Namun, untuk peminatnya masih Job Fair yang lebih efektif dalam mencarikan lowongan kerja kepada pencaker.

"Kebanyak pencaker maupun perusahaan masih lebih yakin kalau bertemu langsung untuk mencari maupun menawarkan pekerjaan. Maka dari itu Job Fair lebih banyak peminatnya," jelasnya.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved