Breaking News:

Arif Pasha: Tanah Sumber Kemakmuran Rakyat

Sejumlah mahasiswa pun berdiskusi tentang tata aturan dan permasalahan tanah yang terjadi di kehidupan masyarakat.

Penulis: Welly Hadinata
Editor: Darwin Sepriansyah
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Kepala Kanwil BPN Provinsi Sumsel Ir Arif Pasha MM didampingi Ketua Prodi M Kn FH Unsri DR Firman Muntaqo SH M Hum ketika memberikan kuliah umum kepada mahasiswa kenotariatan di FH Unsri Bukit Besar Palembang, Sabtu (21/11/2015). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Tanah merupakan sumber daya kehidupan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Oleh karena itu posisinya demikian penting bagi hajat hidup masyarakat.

Berikut sepenggal materi yang disampaikan Kepala Kanwil BPN Provinsi Sumsel Ir Arif Pasha MM dalam kuliah umumnya yang diikuti mahasiswa magister kenotariatan di FH Unsri Bukit Besar Palembang, Sabtu (21/11/2015).

Arif berbagi ilmu kepada mahasiswa magister kenotariatan FH Unsri.

Terutama ilmu tentang pertanahan yang menjadi dasar ilmu bagi kalangan mahasiswa yang nantinya akan berprofesi sebagai notaris atau PPAT(Pejabat Pembuat Akta Tanah).

"Maka di dalam politik dan hukum pertanahan Indonesia, tanah dikuasasi oleh negara untuk dipergunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat sesuai pasal 33 ayat 3 UUD 1945."

"Tanah diwujudkan dalam bentuk hak atas tanah yang memberikan wewenang penggunaan berdasarkan P4T yakni penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah," ujar Arif.

Dalam menyampaikan kuliah umum dengan judul materi Tanah Untuk Keadilan dan Ruang Hidup Bagi Rakyat, Arif Pasha didampingi Ketua Prodi M Kn FH Unsri DR Firman Muntaqo SH M Hum.

Seusai memberikan kuliah umum, sejumlah mahasiswa pun berdiskusi tentang tata aturan dan permasalahan tanah yang terjadi di kehidupan masyarakat.

Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved