Ternyata Songket Bisa Dimodifikasi jadi Kostum Karnaval

Hanya dalam waktu sekitar 15 menit seragam yang mereka kenakan berubah menjadi pakaian karnaval yang didominasi kain songket.

Ternyata Songket Bisa Dimodifikasi jadi Kostum Karnaval
SRIPOKU.COM/DAMAYANTI PRATIWI
Dua pegawai di Disperindag Sumsel mengenakan songket yang dimodifikasi untuk menjadi kostum karnaval dalam workshop di Gunz Cafe, Senin (9/11/2015). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Dua pegawai di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel tiba-tiba berubah penampilan ketika mengikuti workshop di Gunz Cafe Kambang Iwak Family (KIF) Park, Senin (9/11/2015). Semula keduanya mengenakan pakaian seragam putih hitam ala pegawai Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel.

Namun, hanya dalam waktu sekitar 15 menit seragam yang mereka kenakan berubah menjadi pakaian karnaval yang didominasi kain songket. Tak hanya kain songket, keduanya juga dihias dengan pernak-pernik menggunakan bahan alami.

"Kostum karnaval itu memang harus ada perpaduan bahan dasar dengan bahan alami. Hanya karena kali ini kita akan mengambil tema songket, kita akan padukan songket dengan bahan alami, dengan komposisi 80 persen berbahan dasar songket," ungkap Ari, pemateri dalam workshop yang digelar sebagai persiapan karnaval songket pada tanggal 21 November mendatang.

Menurutnya, kostum karnaval juga harus terlihat menarik dari ujung kepala hingga mata kaki.

"Dari mahkota di kepala hingga sepatunya juga harus menarik, jangan sampai nanti mahkotanya sudah bagus eh pakai sepatu kets," tuturnya.

Hanya saja, kreativitas dan inovasi dalam modifikasi kain songket inipun harus memperhatikan berbagai aspek.

"Jangan sampai merusak kain songket karena harganya mahal dan pemakai juga harus mudah berjalan. Jangan sampai terlalu sempit di bagian bawah," terangnya.

Penulis: Damayanti Pratiwi
Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved