Penyidik Segera Tetapkan Status Tersangka dari PT WAJ

Setelah izin usaha PT Waringin Argo Jaya (WAJ) dicabut, dalam waktu dekat penyidik Polda Sumsel akan menetapkan status tersangkanya.

Penyidik Segera Tetapkan Status Tersangka dari PT WAJ
SRIPOKU.COM/DOKUMEN
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Iza Fadri 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Setelah izin usaha PT Waringin Argo Jaya (WAJ) yang merupakan perusahaan perkebunan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dicabut karena diduga telah lalai melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Dalam waktu dekat Polda Sumsel melalui Penyidik Satgas Kebakaran Lahan Ditreskrimsus Polda Sumsel segera menetapkan tersangka.

"PT WAJ izinnya sudah dicabut. Terlebih, GM dan Direktur HRD nya juga sudah dipanggil sebelumnya untuk diperiksa sebagai saksi dan kasusnya juga sudah naik sidik," jelas Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Iza Fadri saat dijumpai usai Salat Jumat di Masjid Assaadah Polda Sumsel, Jumat (2/10).

Dengan naiknya ke tahap penyidikan, dikatakan jenderal bintang dua ini, tentunya segera ditetapkan tersangka. Tetapi, pihaknya belum dapat memastikan siapa yang akan jadi tersangka termasuk GM atau Direktur Utamanya yang telah diperiksa penyidik.

"Kalau sudah gelar perkara apakah GM atau Dirut akan jadi tersangka kita belum tahu, karena setelah gelar perkara harus diproses lagi," terangnya.

Saat sisinggung mengenai adakah batas waktu penyidikan, Iza menjelaskan, jika penyidikan yang dilakukan sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dan proses penyidikan dalam waktu 20 hari atau 40 hari.

"Kasus ini apakah tergolong sedang atau sulit, sehingga dalam menangani kasus ini sesuai KUHP dan batas waktu. Jadi penyidik mempedomani sesuai dengan KUHP dan batas waktu penyidikan yang ada," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, dalam kasus kebakaran lahan di PT WAJ, sejauh ini penyidik telah memeriksa sedikitnya 14 saksi termasuk GM dan Direktur HRD dari PT WAJ berinisial Z dan B. Bahkan, di lokasi tersebut penyidik mendapati sekitar 1.030 hektar lahan yang terbakar.

Selain itu, tujuh penyidik Polda Sumsel bersama tiga penyidik dari Bareskrim Mabes Polri telah mendatangi lokasi PT WAJ untuk mengecek lokasi dan mengambil beberapa barang bukti sebelum menetapkan tersangka dari PT WAJ ini.

Penyidik pun saat ini tengah berada di Jakarta untuk meminta keterangan saksi ahli. Dari keterangan saksi ahli, kemudian Polda Sumsel akan melakukan gelar perkara dan langsung menetapkan tersangka di perusahaan tersebut.

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved