Kebakaran Lahan Nyaris Lalap Perumahan Bima Citra Prabumulih

Penyebabnya, perumahan serta rumah-rumah warga nyaris dilalap si jago merah, setelah lahan kosong di samping perumahan terbakar.

Kebakaran Lahan Nyaris Lalap Perumahan Bima Citra Prabumulih
TRIBUN SUMSEL/EDISON
Kebakaran lahan kosong di Prabumulih yang nyaris melahap Perumahan Bima Citra. 

SRIPOKU.COM, PRABUMULIH -- Warga Perumahan Bima Citra (Teletabis) RT 03 RW 04 Kecamatan Cambai dan sekitar perumahan, Selasa (15/9) mendadak panik dan gempar.

Penyebabnya, perumahan serta rumah-rumah warga nyaris dilalap si jago merah, setelah lahan kosong di samping perumahan terbakar.

Beruntung, tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Pemkot Prabumulih dan Pertamina tanggap dan tiba di lokasi kebakaran, hingga berhasil menjinakkan si jago merah.

Api hanya menyambar tembok perumahan dan menghanguskan pohon-pohon besar yang ditanam di sekitar perumahan, namun tidak berhasil merambat ke perumahan mewah itu.

Kebakaran sendiri terjadi diduga akibat ulah oknum tidak bertanggungjawab yang membakar lahan kosong milik warga.

Rumput yang kering dan angin kencang dengan cepat merambat mengarah ke perumahan serta rumah di sekitar perumahan.

Menurut Adi, satu diantara warga mengatakan kebakaran lahan kosong di samping perumahan yang dikenal perumahan teletabis itu diketahui warga ketika api sudah mulai membesar dan mengeluarkan asap tipis.

"Awalnya kita menduga kebakaran disebabkan pemilik lahan secara sengaja membakar, namun belum setengah jam api makin membesar dan membumbung tinggi. Setelah dilihat tidak ada yang memadamkan karena katanya dibakar oknum tak bertanggungjawab," ungkap Adi.

Api terus membesar dan telah merambat ke tembok perumahan, beruntung warga lainnya yang panik langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Petugas datang dan langsung memadamkan api, petugas sempat kesulitan lantaran susah memasuki komplek perumahan. Beruntung api berhasil dipadamkan setelah beberapa petugas berjibaku melakukan pemadaman," bebernya.

Sementara Ratna mengaku, panik dan histeris dengan adanya kebakaran lahan, lantaran api nyaris merambat rumah perumahan.

"Jika satu saja rumah terbakar pasti akan merambat ke rumah lainnya, karena rumah-rumah rapat. Beruntung petugas tiba cepat dan berhasil memadamkan api," tuturnya.

Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa SIk melalui Kapolsek Cambai, Ipda Firman ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kebakaran.

"Api berhasil dijinakkan setelah petugas pemadam kebakaran tiba dilokasi, penyebab kebakaran masih kita selidiki," tegasnya.

Terpisah, Kepala Kesbangpol Linmas, Marthodi HS SH ketika dikonfirmasi membenarkan peristiwa kebakaran lahan yang nyaris melalap perumahan itu. "Kita yang mendapat laporan warga langsung menurunkan dua petugas dan memadamkan api," tuturnya. (eds/TS)

Editor: Soegeng Haryadi
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved