Puluhan Duz Obat-Obatan Dikubur

Barang bukti (BB) narkoba telah memiliki kekuatan hukum dari majelis hakim, akhirnya dimusnahkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang.

Puluhan Duz Obat-Obatan Dikubur
SRIPOKU.COM/WELLY HADINATA
Proses pemusnahan barang bukti narkoba dengan cara dibakar yang diadakan di halaman Kejari Palembang Jalan Gub H Bastari Jakabaring Palembang, Jumat (11/9/2015). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Barang bukti (BB) narkoba yang telah ditetapkan memiliki kekuatan putusan hukum dari majelis hakim, akhirnya dimusnahkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang.

BB narkoba senilai ratusan juta ini dimusnahkan di halaman Kejari Palembang Jalan Gub H Bastari Jakabaring Palembang, Jumat (11/9/2015).

Pemusnahkan BB narkoba disaksikan perwakilan dari dinas terkait seperti Sat Narkoba Polresta Palembang, BNN Kota Palembang, Dinas Kesehatan Kota Palembang dan perwakilan tokoh masyarakat.

BB narkoba yang dimusnahkan dengan cara dibakar diantaranya ganja kering seberat 1382,064 gram, narkoba jenis sabu-sabu seberat 526,781 gram dan pil ekstasi atau inek seberat 42,166 gram.

Selain barang bukti narkoba, dimusnahkan juga ribuan rokok ilegal tanpa cukai sebanyak 2.520 slop. Kejari juga memusnahkan senjata api rakitan (senpira) dengan cara dipotong-potong sebanyak 10 pucuk. Tak ketinggalan juga barang bukti senjata tajam (sajam) sebanyak 59 bilah sajam.

Selain pemusnahan barang bukti dengan cara dibakar dan dipotong-potong, ada juga barang bukti yang dimusnahkan dengan cara ditimbun. Diantaranya puluhan duz obat-obatan ilegal hasil sitaan dari petugas BPOM Palembang.

Kepala Kejari Palembang Rustam Gaus melalui Kasi Pidum Sukamto SH mengatakan, barang bukti yang dimusnakan merupakan barang bukti sepanjang pertengahan tahun 2015. Terhitung dari bulan Juni sampai September. Sudah pasti barang bukti yang dimusnahkan telah memiliki kekuatan hukum tetap atau incrah dari putusan majelis hakim sewaktu persidangan.

"Pemusnahan kali ini ada yang dibakar dan ada yang dikubur. Ada sekitar 90 persen barang bukti dikubur agar tidak memperparah kondisi kabut asap saat ini," ujarnya.

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved